18 Juli 2024
Bagikan Artikel

Semangka merupakan buah yang menyegarkan dan memiliki berbagai kandungan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Tidak hanya lezat ketika dikonsumsi, semangka juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari Medicalnewstoday, buah semangka mengandung sekitar 90 persen air yang apabila dikonsumsi bisa menghindarikan dari dehidrasi ketika cuaca panas. Selain itu, kandungan antioksidan pada semangka juga baik untuk menangkal zat-zat radikal bebas.

Lalu, apa saja manfaat mengkonsumsi semangka bagi kesehatan? Kandungan nutrisi semangka Berikut ini adalah beragam nutrisi yang terkandung di dalam buah semangka: Kalori Karbohidrat Serat Kalsium Fosfor Magnesium Kalium Vitamin C Folat Kolin Vitamin A Beta karoten Lutein dan zeaxanthin Likopen Fitosterol Selain nutrisi di atas, semangka juga mengandung beberapa zat penting, yaitu: Vitamin B seperti thiamin, niacin, dan riboflavin. Zinc, mangan, slenium, fluorida, dan mineral penting lainnya. Triptofan, leusin, lisin, arginin, dan antioksidan lainnya.

Daftar 10 manfaat kesehatan semangka Dilansir dari Webmd, berikut ini adalah 10 manfaat mengkonsumsi semangka bagi kesehatan: 1. Mencegah kanker Semangka mengandung zat antioksidan likopen yang membantu mencegah risiko penyakit kanker dan diabetes. Buah semangka juga memiliki lebih banyak nutrisi dibandingkan buah dan sayur lainnya. 2. Meindungi dari sinar matahari Mengkonsumsi semangka dapat membantu melindungi kulit, karena kandungan likopen pada buah tersebut dapat mengurangi kemungkinan kulit terbakar sinar matahari. 3. Menyehatkan jantung Semangka kaya akan asam amino citrulline yang dapat membantu mendistribusikan darah ke seluruh tubuh serta menurunkan tekanan darah. Selain dapat menurunkan risiko terkena serangan jangtung, mengkonsumsi semangka juga baik untuk kesehatan hati. 4. Melindungi sendi Semangka memiliki kandungan pigmen alami beta karoten yang dapat membantu melindungi sendi dari peradangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi semangka secara teratur dapat menurunkan risiko terkena rematik pada sendi. 5. Menyehatkan mata Hanya satu irisan semangka berukuran sedang sudah memberikan 9-11 persen kebutuhan vitamin A harian. Vitamin A merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan mata. 6. Mencegah dehidrasi Semangka memiliki kandungan air lebih dari 90 persen, hal ini dapat membantu Anda untuk terhindar dari dehidrasi. Jika tubuh kekurangan air, maka Anda akan merasa lesu dan membuthkan pertolongan pertama melalui infus. Baca juga: Efek Samping Kebanyakan Mengonsumsi Semangka   7. Menyehatkan kulit Kandungan nutrisi vitamin A, B6, dan C dalam semangka dapat membantu kulit tetap lembut, halus, dan kenyal. Selain itu, semangka juga bagus digunakan sebagai masker wajah karena memiliki banyak kandungan air. 8. Bebas kolesterol Semangka memiliki jumlah kalori yang sedikit sekitar 45,6 kalori untuk setiap seporsi mangkuk. Buah ini juga baik dikonsumsi sebagai makanan penutup karena bebas lemak, bebas kolesterol dan tidak mengandung natrium. 9. Mengontrol gula darah Semangka dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, karena memiliki kandungan glukosa yang rendah. 10. Mudah dicerna Daging buah semangka merupakan makanan yang mudang dicerna oleh tubuh, bahkan ketika usus sedang mengalami peradangan.  Nah itulah manfaat buah semangka dan sejumlah kandungan gizinya yang baik apabila dikonsumsi. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “10 Manfaat Kesehatan Buah Semangka: Bisa Cegah Kanker dan Kolesterol”, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2022/04/04/063000965/10-manfaat-kesehatan-buah-semangka–bisa-cegah-kanker-dan-kolesterol?page=all#page4.
Penulis : Taufieq Renaldi Arfiansyah
Editor : Rizal Setyo Nugroho

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: 
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *