17 Juli 2024
Bagikan Artikel

Jakarta – Membangun bisnis di era digital memiliki tantangan tersendiri. Namun, jika Anda memulainya dengan benar, proses selanjutnya akan lebih mudah. Bagaimana caranya? Semua berawal dari ide. Jika Anda mampu menemukan Ide digital yang tepat dan membangunnya dengan langkah yang benar, bukan mustahil Anda akan mampu mencapai hasil terbaik. 

Lalu, apa saja bisnis era digital yang menjanjikan di tahun 2022 ini? Pilihannya banyak sekali, namun Anda tidak perlu melakukan riset sendiri. Di artikel ini, kami telah merangkumnya untuk Anda.

Namun, sebelum membahasnya lebih lanjut, mari kita pelajari terlebih dahulu apa bisnis digital itu sebenarnya dan apa saja keunggulannya. 

Apa itu Bisnis Digital?

Bisnis digital adalah suatu jasa yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ketika menciptakan sebuah produk ataupun memasarkannya.

Berbeda dengan yang kita pahami sebelumnya, bisnis digital tidak semata terkait dengan penjualan produk tanpa wujud saja, seperti perangkat lunak komputer (software). Bisnis digital juga tidak hanya tentang produk fisik yang dikemas dalam bentuk digital seperti ebook (buku elektronik). 

Lebih dari itu, semua jenis usaha yang menjual produknya secara online, baik menggunakan website atau aplikasi termasuk dalam ranah bisnis digital. Ecommerce adalah salah satu contohnya. 

5 Ide Bisnis Digital terbaik yang bisa anda coba di tahun 2022 

Membangun Media Digital

Anda tentu mengenal sosok Michael Diva Berliano, seorang penulis serta web development. Perjalanan suksesnya diawali dengan menulis di laman blog pribadinya saat itu: comma.co.id

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menjadikan blog Anda tersebut sebagai sumber penghasilan. Caranya? Anda bisa menyewakan space (ruang) di blog Anda untuk iklan seperti yang dilakukan oleh blogger terkenal.

Membangun Jasa Backlink

Membangun Jasa Backlink adalah membuat sebuah website atau platform sebagai Jasa Penyedia layanan secara online.

Karena potensi bisnis backlink yang besar di Indonesia, berjualan online merupakan salah satu ide bisnis digital terbaik.

Les Online

Bagi Anda yang memiliki keahlian mengajar, bisnis digital ini layak Anda coba.

Berbagai platform menawarkan peluang untuk mendapatkan penghasilan dengan les online Belajar Bahasa Inggris. Akan tetapi, Anda bisa membangun kursus online Anda sendiri.

Caranya, Anda bisa membangun sebuah website yang didukung dengan sistem pembelajaran terintegrasi atau yang lebih dikenal dengan LMS (Learning Management System).

Website Donwload

Tipsnya, pelajari potensi pasar dan temukan gap of the market, yaitu ranah bisnis yang belum digarap oleh siapapun. Jika Anda menjadi orang yang pertama terjun di bidang tersebut tentu saja Anda akan berpeluang memperoleh peluang usaha yang sangat besar.

Jika Anda tertarik dengan bisnis seperti Samudranesia, Anda bisa mencoba menekuni Software Development.

Menulis Konten Digital

Anda memiliki keahlian menulis? Dengan keahlian tersebut, Anda bisa menghasilkan banyak uang di era digital saat ini.

Banyak sekali website yang bersedia membayar Anda Terutama Kompiwin untuk sebuah tulisan yang berkualitas.

Namun, jika Anda memiliki sebuah blog yang memiliki pengunjung cukup banyak, Anda bisa menawarkan keahlian Anda di blog tersebut. Semakin menarik blog Anda, semakin besar kemungkinan tawaran pekerjaan untuk menulis konten.

Bisnis digital adalah bisnis yang masih potensial

Beragam pilihan ide bisnis diatas bisa menjadi bahan pertimbangan. Tentu Anda bisa menemukan bisnis Anda sendiri. Kuncinya adalah menentukan bisnis yang sesuai dengan kemampuan Anda dan memiliki prospek bisnis yang baik dan mampu membantu Anda dalam mengambil keputusan ya? Mari mulai langkah awal membangun bisnis Anda. Sukses untuk Anda! (mii)

Sumber Tim TV One

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *