17 Juli 2024
Bagikan Artikel

Banyuwangi – Program rantang kasih masih terus bergulir di Banyuwangi. Program yang berjalan sejak 2017 lalu, mendapat dukungan dari Kodim 0825 Banyuwangi. Para Babinsa turun langsung mengantarkan makanan siap saji untuk para lansia di Banyuwangi.
Kegiatan ini digelar serentak mulai Selasa (12/4/2022). Melalui program Babinsa Peduli Lansia, mereka membagikan nasi plus lauk serta buah-buahan untuk disantap saat akan berbuka.

“Khusus kemarin, Rantang Kasih diantar oleh Babinsa seluruh jajaran Kodim 0825 Banyuwangi,” ujar Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol Kav Eko Julianto Ramadhan, kepada detikJatim, Rabu (13/4/2022).

Eko menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan cinta kasih para Babinsa kepada Lansia. Apalagi saat ini bulan suci Ramadan, selain sangat baik untuk dilakukan karena ada nilai-nilai ibadah, juga merupakan amanah dari Sapta Marga dan Delapan Wajib TNI.

“Ini juga sudah menjadi kewajiban atau tugas para Babinsa untuk selalu tanggap dan peduli terhadap kondisi warga desa binaannya. Sehingga semua permasalahan di desanya dapat dimonitor dan dapat sebagai katalisator penyelesaian,” pungkas Eko.

Terpisah, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas menyambut baik kegiatan Babinsa yang terjun langsung membantu distribusi makanan pada Rantang Kasih.

“Kami terima kasih kepada Babinsa yang telah ikut serta dalam program Rantang Kasih,” ujarnya.

Program Rantang Kasih bukan hal baru di Banyuwangi. Program Rantang Kasih merupakan program Pemkab Banyuwangi yang dilaksanakan sejak tahun 2017. Bahkan pada tahun 2020 lalu Program Rantang Kasih Banyuwangi mendapat Rekor MURI.

Menurutnya, kolaborasi dengan Babinsa TNI AD tidak hanya pada program pembagian Rantang Kasih, namun segala aspek kehidupan masyarakat dijaga oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah desa bahkan hingga RT.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang terus menjaga keamanan lingkungan, dan mengurai permasalahan di desa. Sehingga kenyamanan dan keselamatan masyarakat terjaga,” pungkas Ipuk.

Ardian Fanani – detikJatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *