18 Juli 2024
Bagikan Artikel

ngin merasakan panas dan liarnya suasana Afrika, tapi dompet kurang tebal untuk pergi ke sana? Jangan sedih karena di Situbondo ada Africa van Java alias Taman Nasional Baluran. Sama asyik dan kerennya, apalagi kalau kamu datang di musim kemarau!

Beragam aktivitas wisata dapat kamu lakukan di sini tentunya dengan latar Gunung Baluran yang indah. Hewan-hewan liar seperti kerbau, rusa, kera dan aneka burung akan mengiringi langkahmu menjelajahi sisi-sisi Baluran. Tiket sangatlah terjangkau untuk pemandangan secantik Taman Nasional Baluran.

Cara menuju dan harga tiket Taman Nasional Baluran

Taman nasional Baluran berada di wilayah Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Untuk bisa sampai ke salah satu spot wisata paling populer di Jawa Timur ini, ada beberapa cara yang bisa dipilih. Opsinya bisa dilihat di bawah ini.
  • Mobil atau motor pribadi: Kamu bisa menelusuri Jalan Banyuwangi-Batangan atau Situbondo-Batangan, dan mengikuti petunjuk menuju Bekol. Setelah memasuki kawasan Bekol, akan ada pinu masuk ke Taman Nasional Baluran.
  • Bus: Pilih bus jurusan Probolinggo, turun di terminal dan melanjutkan perjalanan menuju ke Ketapang menggunakan bus jurusan Probolinggo-Ketapang. Kamu bisa minta diturunkan di pintu gerbang padang savana Taman Nasional Baluran.
  • Kereta api: Pilih tujuan Banyuwangi dan turun di Stasiun Banyuwangi Baru, dilanjutkan perjalanan ke terminal Sri Tanjung-Ketapang dan naik bus menuju ke Probolinggo dan minta diturunkan di gerbang Taman Nasional Baluran.
Untuk harga tiket, pengunjung lokal Taman Nasional Baluran akan dikenai tarif tiket 15,000 IDR untuk hari biasa dan 17,000 IDR di akhir pekan. Sementara pengunjung dari warga negara lain akan dikenai tiket 150,000 IDR pada hari biasa dan 225,000 IDR untuk akhir pekan.

TripZilla Indonesia merekomendasikan deretan lokasi dan aktivitas wisata keren di dalamnya!

1. Melongok kisah masa lalu yang ada di Gua Jepang

Sebelum masuk lebih jauh ke dalam taman nasional, kamu dapat melihat Gua Jepang yang berada di dekat pintu masuk. Situs yang ada sejak masa penjajahan Jepang ini awalnya digunakan sebagai tempat berlindung dan penyimpanan amunisi. Meski tidak terlalu besar, namun gua ini jadi pembuka yang pas untuk mengawali wisatamu di Baluran. Setelahnya, ada lebih banyak hal menarik yang dapat kamu lihat!

2. Melihat aneka satwa di Kawasan Hutan Evergreen

taman nasional baluran
Image credit: @avicennature

Disebut Hutan Evergreen karena lokasi ini memang tampak selalu hijau. Berjalan-jalan santai di bawah lindungan pepohonan akan membuatmu rileks dan dapat bernapas lega. Bayangkan segarnya udara yang ada di sini! Kamu juga dapat menemukan satwa-satwa yang muncul di sepanjang jalan. Kalau mau lebih seru, ikuti saja program safari malam untuk melihat berbagai hewan yang sulit ditemukan pada siang hari.

3. Menyusuri eksotisnya setiap sudut di Padang Savana Bekol Taman Nasional Baluran

taman nasional baluran
Image credit: @jeanerisa

Kawasan yang paling terkenal di Taman Nasional Baluran mungkin adalah Padang Savana Bekol. Dari sini, Gunung Baluran dapat terlihat dengan jelas dan kamu pun bisa mengamati polah hewan-hewan liar dalam kesehariannya.

Image credit: @lukhfzh

Walau lokasinya menggoda untuk piknik, namun pengelola melarang kegiatan ini karena dapat mengganggu kehidupan hewan di dalamnya. Jadi kamu bisa mengabadikan diri dan menyantap bekal di lokasi yang sudah ditentukan. Tetap cantik dan eksotis untuk dinikmati!

4. Menikmati pemandangan tanpa perlu susah payah di Bekol Tower

Image credit: Taman Nasional Baluran

Bagi kamu yang ingin melihat sisi lain dari pemandangan Savana Bekol, maka dapat naik ke Bekol Tower. Dihibur dengan suara-suara burung, kamu dapat menyapukan mata mulai dari padang savana hingga ke pantai-pantai di sekitarnya. Menara pandang ini juga digunakan pengelola untuk mengawasi keadaan di dalam taman nasional.  Jadi kalau kamu sudah kecapaian berjalan kaki atau kepanasan dan ingin mendinginkan badan sejenak, maka Bekol Tower dapat jadi tujuan yang pas. Beristirahat sambil dihibur lanskap yang seindah ini, menggiurkan bukan?

5. Mengeksplorasi hutan mangrove yang tiada duanya

Image credit: @hendriwlsss

Hutan mangrove yang ada di Baluran dapat kamu jumpai dalam perjalanan menuju Pantai Bama. Jangan sampai terlewat untuk menjelajahi hutan yang mempesona ini!

Image credit: @moch_iqbal

Keindahan alam tidak hanya berhenti sampai gerbangnya yang ikonik. Semakin ke dalam, kamu akan menjumpai akar-akar bakau yang bertautan di atas tanah. Masih banyak monyet-monyet liar di sini jadi berhati-hatilah dengan barang bawaanmu. Eksotis kan?

6. Snorkeling, aktivitas yang wajib dilakukan di Pantai Bama

taman nasional baluran
Image credit: @muhonyfahreza

Pantai Bama adalah pantai yang ikonik di Baluran. Jaraknya agak jauh dari pintu masuk taman nasional tetapi usahamu akan terbayar begitu tiba di pantainya.

taman nasional baluran
Image credit: @rtpxl

Pantai yang sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan ini punya pasir putih dan pemandangan bawah laut yang cantik. Berenang dan snorkeling jadi aktivitas seru untuk menikmati Pantai Bama. Kamu pun dapat berburu foto, melihat monyet ekor panjang dan beragam burung endemik atau memancing. Dijamin tidak ada kata bosan di sini!

7. Sisakan tenagamu untuk mengunjungi Pantai Bilik yang luar biasa

taman nasional baluran
Image credit: @priantopuji

Pantai Bilik juga menjadi salah satu pantai menarik di Baluran. Menyimpan keindahan bawah laut yang menggoda, Pantai Bilik belum terlalu ramai. Asyik untuk dikunjungi jika kamu ingin berenang atau mengabadikan diri dengan tenang. Suasana damai memang menyelimuti pantai ini dan uniknya lagi, kamu juga dapat melihat pemandangan padang savana dari kejauhan. Kurang apa lagi?

8. Melihat kehidupan para nelayan di Pantai Pandean Taman Nasional Baluran

Image credit: @seflaniaphoto_

Pantai Pandean adalah tempat yang pas untuk melihat keseharian nelayan di Situbondo. Deretan perahu berwarna-warni menciptakan suasana yang khas dan ceria di pantai ini.

Image credit: @novemlawalata

Tidak heran jika di Pantai Pandean kamu akan menemukan tempat pelelangan ikan. Jika ingin menyantap ikan pilihan sendiri, aktivitas memilih ikan seru untuk dicoba. Tentu saja kesegarannya pun terjamin. Setelahnya, jangan cepat-cepat beranjak pulang karena panorama matahari terbenam di Pantai Pandean sangat menawan!

9. Menyepi dalam tenangnya suasana di Pantai Balanan Taman Nasional Baluran

Image credit: @ivanyanuardi

Pantai Balanan akan menjauhkanmu dari kehidupan yang ramai karena lokasinya yang tersembunyi. Kamu perlu usaha untuk mencapai pantai yang konon tidak terjangkau sinyal telepon seluler ini. Jadi dijamin tenang dan kamu bisa beristirahat maksimal!

Image credit: @nungky_73939

Pantainya bersih dengan pasir putih dan air yang jernih. Meski menggoda dengan penampilannya yang cantik, namun kamu tidak diizinkan berenang di lautnya. Ada pula hutan bakau yang menunggu untuk dijelajahi di sini. Bermain air dan pasir di tepi pantai, berburu foto-foto dengan latar yang menawan atau menginap di resort yang ada dijamin akan jadi pengalaman mengesankan!

10. Melihat pantai dengan lanskap yang menarik di Pantai Sijile

taman nasional baluran
Image credit: @mrifat94

Pantai Sijile menambah panjang daftar pantai yang mengagumkan di Taman Nasional Baluran. Jarak pantai yang cukup jauh menjadi jaminan alam yang masih bersih dan suasana damai yang menanti. Keunikan dari pantai ini adalah bentuk daratannya saat air surut. Selain berjalan kaki, kamu juga bisa menyewa perahu untuk mengelilingi setiap sudut pantai. Air yang jernih ditambah kicau burung yang bersahutan bakal membuatmu merasa seperti dalam mimpi.

11. Menantang nyali dengan panjat tebing di Curah Tangis Taman Nasional Baluran

Kalau kamu ingin aktivitas yang berbeda, datanglah ke Curah Tangis. Namanya tentu tidak akan mencerminkan apa yang kamu rasakan, karena di sini ada fasilitas panjat setinggi kira-kira 30 meter yang disediakan oleh pengelola. Kamu dapat mempersiapkan fisik sebelum menjajal panjat tebing ini dan dijamin tidak akan menyesal deh! Di mana lagi ada tempat wisata yang selengkap ini?

Aktivitas mana yang ingin kamu lakukan di Taman Nasional Baluran? Mau yang santai atau membutuhkan tenaga ekstra, semuanya tersedia. Seru!

Sumber https://www.tripzilla.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *