18 Juli 2024
Bagikan Artikel

Banjar, Kalimantan Selatan – Sebuah bangunan Ruko tiga lantai yang disewa minimarket Alfamart di Jalan Ahmad Yani Km 14, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan ambruk rata dengan tanah pada Senin (18/4/2022) sore sekitar pukul 17.15 WITA. 

Peristiwa ambruknya seluruh bangunan minimarket itu sempat membuat jalanan macet total. Banyak pula warga yang ingin melihat lebih dekat ke lokasi sehingga menyulitkan proses evakuasi para korban. 

Dilihat lokasinya, ruko 3 lantai yang didalamnya terdapat minimarket Alfamart berada di Dekat SPBU Gambut, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar. Bangunannya berada di jalan yang menghubungkan Kabupaten Banjar dengan Banjarmasin. Di sekitarnya juga ramai pertokoan, rumah makan dan persis di belakangnya ada pemukiman. 

Di ruko tiga lantai tersebut, terdapat tiga unit, dua diantaranya digunakan untuk minimarket Alfamart, dan satu unit untuk rumah makan. Sementara di depannya terdapat lahan parkir dan pedagang kaki lima. 

Ruko tiga lantai itu tiba-tiba roboh dan rata dengan tanah pada Senin petang, beberapa menit sebelum waktu berbuka puasa.

Diperkirakan total 16 orang korban berada dalam minimarket sebelum insiden tersebut terjadi. Tim SAR gabungan yang langsung melakukan pencarian korban menemukan 3 orang dalam kondisi meninggal dunia, dan 8 korban luka-luka langsung dievakuasi ke rumah sakit setempat. 

“Perkiraaan total 16 orang korban saat kejadian termasuk enam karyawan. Delapan berhasil dievakuasi selamat dan tiga meninggal,” katanya di dampingi Kabid Humas Kombes Pol Mochamad Rifa’i.

Petugas gabungan dari Basarnas, TNI-Polri, BPBD dan relawan masih terus berjibaku mengevakuasi para korban terjebak di reruntuhan bangunan. 

Sejumlah alat berat dikerahkan untuk mengangkat puing-puing material bangunan yang tak mampu diangkat oleh tangan manusia. Pihak kepolisian mengimbau bagi masyarakat yang mengetahui atau menduga ada anggota keluarganya berada di lokasi saat kejadian maka segera melapor ke petugas agar jumlah korban dapat diketahui pasti. (viva/ner)

Sumber tvonenews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *