14 Juli 2024
Bagikan Artikel

Surabaya – Tidak hanya masih berpotensi terjadi hari ini, fenomena petir intracloud di Surabaya masih bisa terjadi hingga 3 hari ke depan. Seperti yang ada di video viral petir menyambar bersahutan.
BMKG Klas I Juanda menyebutkan, potensi petir intracloud itu masih akan ada hingga 1-3 hari ke depan. Masyarakat pun diminta tetap waspada.

“Kalau untuk besok masih ada potensi terjadi. Hanya saja fenomenanya mungkin belum tentu seperti kemarin. Potensi itu masih ada antara 1-3 hari ke depan,” kata Agatha, Prakirawan BMKG Klas I Juanda kepada detikJatim, Sabtu (30/4/2022).

Agatha menyebutkan, hujan disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi besok siang di atas pukul 12.00 WIB. Petir intracloud berpotensi terjadi ketika hujan disertai petir itu terjadi.

Sebelumnya, prakirawan BMKG Klas I Juanda itu mengatakan, potensi petir intracloud di Surabaya bahkan masih bisa terjadi pada hari ini.

Baca juga:
Viral Video Petir Saling Menyambar Bersahutan di Langit Surabaya
“Potensi masih ada. Tapi belum tertentu terjadi seperti kemarin. Karena pertumbuhan awan CB masih ada. Hari ini sama, di atas jam 12 siang. Kalau malam di atas jam 7 atau jam 8,” ujarnya.

Sebelumnya, viral video langit Surabaya dihiasi gemerlap petir yang menyambar-nyambar. BMKG Juanda menyebut, petir itu adalah petir intracloud.

“Petir intracloud sering terlihat sedang berada di dalam awan. Rupanya, tipe petir yang satu ini memang hanya muncul di antara dua awan yang memiliki muatan berbeda,” tulis BMKG Klas I Juanda dalam keterangan yang dipantau detikJatim di Surabaya, Jumat (29/4/2022).

Jadi, ketika dua awan ini bersatu, kedua awan akan bersamaan menciptakan petir intracloud. BMKG juga menyebut pantauan citra radar pada pukul 19.01 WIB, terpantau ada awan cumulonimbus atau Cb. Diketahui, kilat tersebut bersumber dari awan tersebut.

“Kalau dilihat-lihat, petir intracloud seolah-olah menimbulkan cahaya seperti dalam diskotek, namun bedanya ini berada di dalam awan. Di setiap daerah, kamu dapat dengan mudah menemukan petir jenis ini,” imbuh BMKG dalam keterangan tersebut.

Dalam video berdurasi 1.19 menit, terdengar perekam menyebut kejadian tersebut berada di langit sekitar Masjid Sunan Ampel Surabaya.

Kilatan petir ini tak seperti biasanya, petir ini bersahut-sahutan dan berdurasi cukup lama. Petir yang tak biasa ini membuat warga bingung. Mereka bertanya fenomena apa yang sedang terjadi?

“Fenomena alam apa ini di daerah sekitar Ampel sudah berlangsung hampir 15 menit info dari warga sekitar Surabaya Utara tepatnya Ampel semoga tidak ada apa-apa ya,” kata suara dalam video viral yang dilihat detikJatim di Surabaya, Jumat (29/4/2022).

Para warga berharap petir ini hanya fenomena biasa dan bukan pertanda akan terjadinya bencana.

“Allahuakbar Allahuakbar astaghfirullah. Mungkin ada yang tahu bestie ini di Surabaya Utara area makan Sunan Ampel, mungkin ada yang tahu fenomena apa ini,” tambah perempuan sang perekam video.

Sementara itu, salah satu warga Surabaya, Riana mengaku melihat video viral tersebut. Namun, ia tak tahu persis kapan kejadian tersebut berlangsung.

“Iya menyebar lewat grup WhatsApp langit Surabaya ada petirnya. Tapi nggak tahu kapan,” pungkasnya.

Sumber:Detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *