14 Juli 2024
Bagikan Artikel

Banyuwangi – Wisatawan yang dilaporkan hilang di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen akhirnya ditemukan. Wisatawan bernama Gafila Dabi (19) warga Kalianyar, kecamatan Ijen, Bondowoso itu ditemukan selamat di sekitar puncak Kawah Ijen.


Korban ditemukan sekitar pukul 10.30 WIB, Minggu (8/5/2022). Korban ditemukan relawan dan tim petugas gabungan pencarian dari kepolisian, Tim SAR Rescue, dan juga BPBD setempat.

“Alhamdulillah ditemukan dengan selamat,” ujar Wahyu Setya Budi Kepala Kantor Basarnas Banyuwangi kepada wartawan.

Gafila Dabi Ardriani ditemukan selamat pada koordinat 8°03’59″S 114°14’44″E . Selanjutnya, tim gabungan mengerahkan personel lainnya untuk melakukan evakuasi.

“Pukul 13.30 WIB korban berhasil kami evakuasi menuju posko SAR Gabungan,” tambahnya.

Saat ditemukan, kata Wahyu, kondisi korban sudah lemas. Evakuasi diakui sedikit sulit dengan medan yang curam. Petugas sempat menggunakan tali dan menggendong korban yang dalam kondisi trauma.

“Selanjutnya korban diserahkan ke pihak keluarga di Posko SAR Gabungan dan dibawa ke puskesmas Sempol,” ujarnya.

Sebelumnya, seorang wisatawan dilaporkan hilang setelah terpisah dari rombongan usai mendaki hingga ke puncak Kawah Ijen, Banyuwangi, Minggu (8/5/2022). Saat itu korban menghilang setelah berpencar dari rombongan berjumlah 13 orang.

Tadinya korban bersama tiga belas rekan lainnya berhasil mendaki hingga ke puncak Kawah Ijen pukul 02.00 WIB lalu sampai ke puncak kawah dua jam setelahnya. Di puncak kawah itu rekannya yang mengeluh kedinginan mengajaknya turun.

Ketika perjalanan mereka berdua tinggal 500 meter dari Pos Paltuding, kali itu korban yang mengeluhkan sakit perut. Bukannya turun ke bawah ia malah naik ke jalur puncak Kawah Ijen sedangkan rekannya menunggu di Pos Paltuding.

Anehnya, ketika rekannya menelepon, korban mengangkat ponselnya dan menyampaikan bahwa dirinya sudah pulang ke rumah. Karena itulah rekannya pun turut pulang. Tapi tidak lama kemudian, keluarga korban menelepon rekannya dan menyatakan korban belum pulang ke rumah.

Sumber:Detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *