17 Juli 2024
Bagikan Artikel

Banyuwangi – Rabu 25 Mei 2022 disnaker kabupaten banyuwangi dan forum BKK seluruh banyuwangi mengadakan pembinaan bursa kerja (BKK) dari SMK seluruh banyuwangi yang diadakan di mirah hotel and resort banyuwangi.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sebuah lembaga pendidikan yang merupakan sub sistem pendidikan nasional dalam rangka menyiapkan SDM yang unggul, handal dan sesuai dengan kebutuhan pasar di tingkat sekolah menengah serta terpenuhinya tingkat kepuasan para pencari kerja. Untuk mendukung hal itu, pada lulusan SMK perlu mendapatkan sebuah sarana dalam memudahkan mereka untuk segera tersalurkan ke dunia kerja yang dibutuhkan berdasarkan skill yang telah didapatkan pada jenjang pendidikan menengah kejuruan.

BKK merupakan singkatan dari Bursa Kerja Khusus. BKK sebuah lembaga yang dibentuk di SMK baik Negeri maupun Swasta sebagai unit pelaksana yang melayani dan memberikan informasi lowongan pekerjaan, pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja. BKK merupakan mitra dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)

Menurut Bapak Adi selaku kepala sie dari disnaker kabupaten banyuwangi tujuan diadakan prmbinaan BKK SMK seluruh banyuwangi karena ada pergeseran lapangan pekerjaan tingkat pengangguran yang paling tinggi justru ditempati oleh lulusan SMK itu menjadi masalah karena sebenarnya lulusan SMK Harus Sudah siap kerja oleh karena itu SMK perlu digandeng dengan stikholder oleh pemangku kepentingan misalnya dinas tenaga kerja,BLK,atau lembaga – lembaga lain termasuk dari perusahaan,pak adi juga menambahkan Syukur – syukur ada kolaborasi antara perusahaan dengan SMK sehingga jurusan yang ada di SMK mengacu pada kebutuhan perusahaan, Bapak adi juga mengatakan untuk pembinaan BKK SMK seluruh banyuwangi 1 tahun 2 kali tetapi kalau pembinaan rutinsewaktu – waktu dari teman – teman SMK mau koordinasi pihak disnaker selalu siap,pesan dari Bapak adi untuk BKK seluruh banyuwangi kami ini keluarga dan kami harapkan saling mendukung satu sama lain.

Narasumber dari pembinaan BKK SMK seluruh banyuwangi yaitu bapak Budi raharjo selaku kabid penempatan disnaker provinsi jawa timur yang intinya menyampaiakan perlu adanya sinergi antara BKK dengan Dinasker,mempersiapkan alumni tidak tergerus dan ketertinggalan informasi.

sementara itu diakhir sesi ada pertanyaan bagi para peserta pembinaan BKK,pertanyaa dari Pak iwan dari SMK Masyaul Huda Tegaldlimo beliau mengatakan bahwa siswa lulusan SMK rata – rata belum siap kerja dan harus butuh kompetensi sedangkan BLK yang sekarang ini belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, beliau mengharapkan adanya BLK bisa memenuhi kompetensi masyarakat.

antusias para peserta pembinaan BKK SMK
pembinaan BKK SMK oleh Disnaker Kabupaten Banyuwangi
pembinaan oleh disnaker provinsi jawa timur malalui aplikasi zoom
antusias para peserta bertanya dalam acara pembinaan BKK SMK oleh Disnaker
Foto didepan Hotel Mirah & Resort Banyuwangi

Sumber beritabanyuwangi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *