14 Juli 2024
Bagikan Artikel

Salah satu pertimbangan untuk mencari tempat tinggal adalah biaya hidup di daerah tersebut. Biaya hidup di setiap daerah Indonesia pun bervariasi. Sebagian kota bahkan terkenal sebagai kota termurah karena memiliki biaya hidup yang terjangkau untuk kalangan mahasiswa. Salah satunya Banyuwangi, Jawa Timur.
Deretan kota termurah ini dilihat dari rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Mayoritas mahasiswa yang tinggal di wilayah tersebut akan menghabiskan uang sekitar Rp 1-2 juta setiap bulannya.

Melansir Lembaga Konsultan Pendidikan SUN Education dan berita detikEdu, berikut 5 kota termurah yang paling ramah kantong untuk mahasiswa.

1. Purwokerto
Purwokerto terkenal sebagai salah satu kota dengan biaya hidup paling murah di Indonesia. Rata-rata biaya makan di kota yang terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ini sekitar Rp 7.000 hingga Rp 15.000 per porsi.

Jika diakumulasikan, rata-rata biaya hidup setiap bulannya sekitar Rp 2 juta. Bahkan, di pinggiran kotanya, mahasiswa bisa hanya mengeluarkan uang sekitar Rp 1 juta per bulan.

Beberapa perguruan tinggi terkenal yang ada di Purwokerto di antaranya Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

2. Yogyakarta
Kuliah di Yogyakarta bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, selain tempatnya kampus favorit para pelajar, biaya hidup di sana tergolong murah.

Dalam satu bulan, mahasiswa bisa mencukupi kebutuhan hidupnya hanya dengan mengeluarkan uang sekitar Rp 1-1,5 juta saja. Banyak tempat makan yang mematok harga di bawah Rp 10 ribu per porsinya.

Selain itu, biaya kos di Yogyakarta hanya sekitar Rp 300-700 ribu per bulannya. Namun, hal ini juga tergantung lokasi yang dipilih.

Beberapa kampus favorit yang ada di Yogyakarta antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga, hingga Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

3. Solo
Biaya hidup di Solo tidak jauh berbeda dengan Yogyakarta, baik dari segi tempat tinggal maupun makanan. Kota ini juga terkenal dengan harga makanan yang murah tapi mengenyangkan.

Rata-rata biaya hidup per bulan di Solo sekitar Rp 1,5 juta. Biaya kos juga hampir sama dengan Yogyakarta.

Beberapa perguruan tinggi yang terkenal di sana mulai dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), hingga Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

4. Banyuwangi
Menurut laporan survei Badan Pusat Statistik (BPS), Banyuwangi menjadi salah satu kota dengan biaya hidup paling rendah. Pengeluaran rata-rata sekitar Rp 1-1,5 juta per bulan.

Selain terkenal sebagai kota termurah, Banyuwangi juga terkenal akan keindahan destinasi wisatanya. Di sana juga terdapat Universitas PGRI Banyuwangi.

5. Cirebon
Cirebon juga dikenal sebagai kota dengan biaya hidup yang murah. Rata-rata mahasiswa akan mengeluarkan biaya sekitar Rp 1-2 juta untuk biaya kos, makan, dan hiburan.

Beberapa universitas yang terdapat di Cirebon antara lain Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon atau Unswagati Cirebon, Universitas Muhammadiyah Cirebon, dan Universitas 17 Agustus Cirebon.

Sumber detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *