18 Juli 2024
Bagikan Artikel

beritabanyuwangi.com – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Sepeda, Indonesian National Championship (INC) 2022 resmi berlangsung. Kali ini Banyuwangi didaulat menjadi tuan rumah, kompetisi dilangsungkan dari 16-24 Juli 2022. Sekitar 550 lebih pembalap dari 27 provinsi bertanding dikelas road bike dan sepeda gunung (MTB).

Dari data Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), kejurnas ini memperebutkan Jersey Merah Putih, yang menjadi tanda sebagai pembalap terbaik nasional. Satu hal yang membanggakan, gelaran di Kabupaten Banyuwangi tersebut menyatatkan rekor jumlah peserta terbanyak sepanjang gelaran Kejurnas, Sabtu (16/07/2022).

Dihari pertama Kejurnas INC 2022, diawali dengan kelas disiplin Road dengan nomor Individual Time Trial (ITT) yang dilaksanakan dengan mengambil start-finish dari kantor PUDAM Layanan Kecamatan Gambiran. 

Sekjen PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), Jadi Rajaguguk, mengatakan animo peserta Kejurnas di Banyuwangi sangat besar. Dari 34 pengurus provinsi hanya tujuh provinsi yang absen, sekaligus merupakan jumlah peserta terbanyak selama pelaksanaan kejurnas balap sepeda diselenggarakan. Pesertanya lebih dari lima ratus orang dan jumlah peserta terbanyak selama pelaksanaan kejurnas balap sepeda.

“Ini merupakan catatan rekor tersendiri sepanjang Kejurnas balap sepeda. Dan banyak diikuti oleh pembalap-pembalap nasional seperti Ayustina Delia Priatna, peraih emas Womens Road Individual Time Trial, Sea Games 2022,” ungkap Jadi.

Selain itu ada pembalap nasional lainnya yang juga bertanding dinomor Individual Time Trial (ITT). Seperti diantaranya Aiman Cahyadi, Delton Nur Arif Prayogo, dan Gita Widya Yunika. Selain itu ada Zaenal Fanani, peraih medali emas Sea Games 2021 kelas MTB Cross Country Olympic.

Sementara itu Ketua Panitia Kejurnas INC 2022 Banyuwangi sekaligus Kapolresta Banyuwangi Kombes Deddy Foury Millewa,  mengatakan terdapat 200 orang personil yang dikerahkan terdiri dari gabungan kepolisian, TNI, dan Pemkab Banyuwangi untuk mengamankan kejuaraan ini.

“Di hari pertama pelaksanaan berjalan lancar, rute yang dilalui pembalap disterilkan. Ini semua berkat kerja sama semua pihak yang mendukung baik Forkopimda dan masyarakat Banyuwangi. Kami harap Kejurnas ini juga turut menggerakkan perekonomian lokal karena banyak sektor terdampak untuk mendukung Banyuwangi Rebound,” ujar Kombes Deddy. (Riz)

Reporter Rizkie andri

Sumber beritabanyuwangi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *