17 Juli 2024
Bagikan Artikel

beritabanyuwangi.com– Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhyaksa Ke-62 yang jatuh pada 22 Juli 2022 mendatang, Kejaksaan Negeri (Kejari) Banyuwangi gelar Lomba Burung Berkicau Kejaksaan Cup V, di arena gantangan Kelurahan Tamanbaru, Kecamatan Banyuwangi, Minggu (17/7/2022).

Sebanyak 500 lebih peserta dari berbagai daerah meramaikan lomba yang digelar dilapangan terbuka belakang kantor kelurahan ini. Lomba burung berkicau ini bertujuan untuk menyalurkan hobi para kicau mania atau pecinta burung berkicau.

“Kompetisi kicau burung ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa Ke-62 oleh Kejaksaan Negeri Banyuwangi ,” ujar Kepala Kejari Banyuwangi, Mohammad Rawi.

Kajari menambahkan, melalui kegiatan ini merupakan sarana mempererat tali silaturahmi antara aparat penegak hukum dengan masyarakat, khususnya masyarakat pecinta burung berkicau. Sebab pelaksanaan lomba ini digagas para jaksa.

Panitia lombapun memberlakukan pembatasan guna mencegah kerumunan, dan dijaga aparat keamanan setempat. Sehingga meskipun meriah namun masih tetap terkontrol dalam pelaksanaannya, mengingat peserta banyak yang berasal dari luar kabupaten Banyuwangi.

Sementara itu ketua Panitia Lomba, Agus Suhairi menyatakan, peserta lomba mencapai 500 mania burung kicau. Mereka datang tidak hanya banyuwangi saja, melainkan dari berbagai daerah seperti Bali, Jember, Lumajang, Malang, Mojokerto. “Peserta dari Yogyakarta, Solo, Semarang juga ada.

“Total ada sekitar 15 kabupaten/kota yang ikut lomba burung berkicau kali ini, berbagai jenis burung yang dilombakan. Mulai dari burung jenis Cucak Ijo, Anis Merah, Lovebird, Murai Batu, Cendet, Konin, Kenari, Tlede’an, Sogok Ontong, Trocok, hingga Kacer,” tegas Agus.

Lomba di Kejaksaan Cup V ini dibagi menjadi 41 kelas yang semuanya jenis burung kicau. Beberapa diantaranya ada kelas Cucak Ijo Kejaksaan, Lovebird Fighter 1200 Komunitas, Anis Merah Pidana Khusus, dan lainnya.

Untuk tahap penilaian lomba dan mengawal proses penjurian mulai awal hingga akhir, dalam lomba burung berkicau ini dilakukan oleh Radjawali Indonesia. Sehingga yang mendapat nilai tertinggi dan berhasil mengungguli kontestan lainnya, peserta berhak mendapatkan trophy, piagam, dan bermacam hadiah yang disiapkan. (Riz)

Reporter Rizkie Andri

Sumber beritabanyuwangi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *