18 Juli 2024
Bagikan Artikel

BANYUWANGI – Ustadzah kondang Oki Setiana Dewi (OSD) melakukan kunjungan ke Kabupaten Banyuwangi, Senin (13/9/2022). Dalam kunjungan tersebut, Ustadzah Oki singgah di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan.

Kedatangan pendakwah yang akrab disapa OSD itu dalam rangka safari dakwah, salah satunya di Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi yang lokasinya berdekatan dengan pendopo.

Sampai di pendopo, OSD berkeliling mengamati arsitektur rumah dinas bupati Banyuwangi yang berusia hampir 250 tahun tersebut. Pendopo ini telah  direvitalisasi dengan konsep hijau (green building).

“Saya senang ke pendopo ini. Ini indah sekali. Tempatnya hijau, rapi, bersih, MasyaAllah,” kata OSD.

OSD lalu melihat rumah khas suku Using, masyarakat asli Banyuwangi, yang terletak di halaman belakang pendopo. Dia tampak mencermati detil rumah suku Using yang fondasinya berupa susunan rangka empat tiang kayu. Rumah itu disusun tanpa satu pun paku, tetapi menggunakan pasak pipih.

“Unik atapnya,” ujar OSD sembari memotret rumah Using dari handphone-nya.

OSD lalu melihat Sumur Sritanjung yang letaknya tepat di belakang rumah Using. Sumur tua berusia ratusan tahun ini konon merupakan asal muasal nama Banyuwangi dari legenda yang ada. 

“Menarik juga, karena saya menyukai sejarah dan cerita-cerita rakyat di suatu daerah,” kata Oki. 

“Apa yang saya rasakan di sini, akan saya ceritakan saat keliling berdakwah, biar orang-orang mengenal Banyuwangi. Saya ingin alam Indonesia yang indah ini bisa dilihat banyak orang,” kata OSD.

Di sela-sela kunjungannya, OSD juga sempat mencicipi jajanan tradisional hingga kopi Osing khas Banyuwangi. “Enak, langsung melek,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *