18 Juli 2024
Bagikan Artikel

Inggris akan menggelar pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada hari ini, Senin (19/9), dengan serangkaian prosesi panjang.
“Pemakaman Negara Yang Mulia Ratu akan berlangsung di Westminster Abbey pada hari Senin, 19 September, pukul 11.00 [waktu setempat],” demikian pernyataan Kerajaan Inggris di situs resmi mereka.

Sederet pemimpin negara dipastikan hadir dalam upacara tersebut, di antaranya Presiden Amerika Serikat, Joe Biden; Presiden Prancis, Emmanuel Macron; hingga Wakil Presiden China, Wang Qishan.

Mereka akan mengikuti prosesi pemakaman kenegaraan yang bakal dimulai sejak pagi hari. Berikut jadwal lengkap pemakaman Ratu Elizabeth II berdasarkan waktu London, yang lebih lambat 6 jam ketimbang WIB.

06.30
Tempat Elizabeth disemayamkan beberapa hari ini, Westminster Hall, ditutup untuk umum.

10.44
Peti mati Ratu Elizabeth II dibawa dari Istana Westminster ke Westminster Abbey menggunakan kereta.

Raja Charles III dan anggota keluarga kerajaan lainnya akan berjalan kaki di belakang kereta pembawa peti Elizabeth.

10.52
Peti Ratu Elizabeth diperkirakan tiba di Gerbang Barat Westminster Abbey. Peti kemudian diangkat dari kereta dan dibawa ke biara untuk Ibadah Pemakaman Kenegaraan yang dipimpin oleh Dekan Westminster.

Ibadah ini akan dihadiri kepala negara dan pemerintah asing, gubernur jenderal, dan perdana menteri kerajaan.

Selain itu, ada pula perwakilan Alam Persemakmuran, termasuk penerima Victoria Cross dan George Cross. Anggota parlemen, perwakilan gereja, dan tokoh publik lain juga akan datang.

Selama ibadah berlangsung, perdana menteri dan sekretaris jenderal persemakmuran akan membacakan liturgi kitab suci.

Sementara itu, Uskup Agung York, Uskup Agung Westminster, Moderator Majelis Umum Gereja Skotlandia, dan Moderator Gereja akan membacakan doa.

Uskup Agung Canterbury lalu akan memberikan khotbah. Setelahnya, Dekan Westminster akan memberkati prosesi itu.

11.55
Menjelang akhir kebaktian, nada Last Post mengalun mengiringi hening cipta selama dua menit. Hening cipta itu akan berlangsung di seluruh negeri, sekaligus tanda mengakhiri kebaktian.

Jenazah kemudian dibawa ke Wellington Arch, Hyde Park Corner, untuk prosesi selanjutnya.

13.00
Jenazah dibawa ke Westminster Abbey dengan prosesi yang mirip seperti sebelumnya, yaitu peti diikuti Raja Charles dan keluarga.
Setibanya di Hyde Park, The King’s Troop dan Royal Horse Artillery akan menembakkan Minute Guns. Sepanjang prosesi ini, Big Ben akan berdentang.

Saat sampai di Wellington Arch, peti akan dipindahkan ke mobil jenazah atau State Hearse untuk menuju Windsor. Saat State Hearse meninggalkan Wellington Arch, lagu kebangsaan mengalun.

Setibanya di Windsor, State Hearse akan melambat dan melanjutkan prosesi di Albert Road. Prosesi akan dilanjutkan dengan Long Walk ke Kapel St. George.

Anggota Keluarga Kerajaan kemudian bergabung dengan prosesi di Quadrangle, Kastil Windsor.

The King’s Troop dan Royal Horse Artillery akan melepaskan tembakan ke East Lawn. Sebastopol Bell dan Curfew Tower Bell akan berdentang selama prosesi berlangsung.

Prosesi akan berhenti di bagian bawah Tangga Barat Kapel St. George. Peti Elizabeth lantas dibawa masuk ke dalam kapel.

16.00
Kebaktian perpisahan terakhir digelar di Kapel St. George, Windsor, dipimpin Dekan Windsor. Prosesi ini akan diiringi nyanyian Paduan Suara Kapel St. George.

Sebelum nyanyian terakhir, Lord Chamberlain akan mematahkan tongkat jabatan ratu di atas peti.

Setelah itu, prosesi pemakaman privat akan digelar di The King George VI Memorial Chapel. Ratu Elizabeth akan dikuburkan di samping makam suaminya, Pangeran Philip.

Sumber cnnindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *