14 Juli 2024
Bagikan Artikel

Pergi berwisata merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang. Bahkan, sebagian orang menganggap berwisata merupakan sebuah kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Salah satu daerah yang menyediakan wisata alam dengan berbagai jenis yaitu Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Banyuwangi terletak di ujung timur Pulau Jawa dan merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur. Mengutip jatim.bpk.go.id, wilayah Banyuwangi cukup beragam, dari dataran rendah hingga pegunungan.

Di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso, terdapat rangkaian Dataran Tinggi Ijen. Sementara di bagian selatan terdapat perkebunan, yang merupakan peninggalan sejak zaman Hindia Belanda. Di perbatasan dengan Kabupaten Jember bagian selatan, ada kawasan konservasi yang kini dilindungi dalam sebuah cagar alam, yang bernama Taman Nasional Meru Betiri. 

Tak hanya beberapa tempat di atas, mengutip dari laman Banyuwangi Tourism, berikut beberapa wisata alam lain yang ada di Banyuwangi:

1. Kawah Ijen

Wisata Kawah Ijen terletak di Gunung Ijen, perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi. Fenomena alam yang diakibatkan oleh sublimasi gas belerang hingga mencapai suhu 200 derajat lebih ini memunculkan blue fire yang hanya ada dua di dunia. Pengunjung dapat menyaksikan fenomena api biru ini pada malam hingga dini hari sebelum matahari muncul.

2. Pulau Merah

Pulau Merah atau Red Island merupakan pantai yang dikenal karena sebuah bukit hijau kecil yang menjorok ke arah tengah laut yang diselimuti tanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Pulau Merah berlokasi di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Selain dapat menikmati sunset, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas surfing di Pulau Merah ini.

3. De Djawatan

De Djawatan adalah tempat wisata yang merupakan kawasan hutan lindung milik perhutani. Tempat wisata ini menghadirkan pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk sehingga menjadi tempat wisata pilihan yang aman dan nyaman.

4. Air Terjun Kalibendo

Objek wisata Air Terjun Kalibendo terletak di Dusun Krajan, Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Air terjun ini berada di wilayah utara Banyuwangi, berada satu jalur dengan objek wisata Kawah Ijen. Jarak tempuh Air Terjun Kalibendo sekitar 1 jam dari pusat kota.

5. Kalisawah

Kalisawah Adventure adalah destinasi wisata yang menawarkan hiburan dan permainan dengan pemandangan pedesaan yang bagus dan asri. Di wisata ini terdapat wahana yang seru dan harus dicoba, wahana tersebut meliputi arung jeram, rafting dan beberapa lainnya. Tempat ini juga cocok untuk berkemah dengan pasangan ataupun keluarga.

Sumber tempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *