18 Juli 2024
Bagikan Artikel

Pangandaran – Pangandaran identik dengan hamparan laut. Tapi, Pangandaran juga punya jajanan atau kuliner yang wajib dicoba khususnya di daerah pantai timur. Apa saja?
Untuk menuju pantai Timur Pangandaran wisatawan bisa berjalan sejauh 500 meter dari pintu masuk Cagar Alam Pananjung. Jika wisatawan berjalan dari pintu masuk tiket, bisa melalui pintu masuk bagian timur, dari bunderan Marlin ambil arah kiri yang bakalan tembus langsung terlihat bertuliskan Pangandaran Sunrise.

1. Seafood Krispy

Jika sudah bosan dengan olahan seafood yang dimasak dengan dibakar, sup, lodeh dan jenis olahan lainnya, wisatawan wajib coba kuliner safood krispy,

Kuliner ini berasal dari berbagai jenis seafood di antaranya, kepiting krispy, udang krispy dan cumi krispy.

Seafood krispy bisa dipesan langsung ataupun dibungkus menjadi oleh-oleh khas Pangandaran. Sebelum membeli wisatawan dapat mencoba langsung seafood krispy.

Lokasinya berada di depan pancuran pantai timur Pangandaran Jl. Kidang Pananjung No.133, Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

2. Jajanan Gerobakan

Jajanan gerobakan di pantai timur Pangandaran tak kalah banyak ragamnya. Karena ada banyak pedagang yang berjualan dari mulai kelapa muda, jajanan cireng, ketupat, bubur, hingga bakso aci.

Selain itu jajanan gerobakan yang paling populer di sana adalah telur gulung bihun, cilok ayam, sempol dan corndog. Adapun beragam minuman dan makanan lainnya yang bisa dicoba.

Lokasinya tepat di jalan pantai timur depan kantor Polairud Pangandaran. Biasanya mereka mangkal sejak jam 05.30 WIB karena jika beruntung sambil menyaksikan sunsrise.

3. Es Podeng

Memasuki objek wisata pantai Pangandaran jangan sampai melewatkan kuliner yang satu ini, si manis es podeng. Semacam es krim tempo dulu yang sudah ada sejak tahun 1980-an.

Pedagang es podeng cukup terbilang banyak beredar di daerah objek wisata Pangandaran. Paling sering ditemukan di pantai timur Pangandaran. Mereka mangkal di depan Rumah Makan Seafood Risma dan Sari Melati.

Ciri pedagang es podeng sangat berbeda dengan tukang es yang lainnya. Hampir semua pedagang es podeng memiliki gerobak berwarna biru dan telor asin.

4. Rumah Makan Seafood Timur

Rumah makan seafood timur tak kalah enaknya dari jenis seafood lainnya. Ada beragam olahan khas Pangandaran seperti pindang gunung, nasi liwet, olahan jambal, ikan bakar kakap dan kepiting.

Lokasinya du Jalan Pantai Timur, Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat 46396.

Bagi wisatawan bisa memilih rumah beragam menu olahan seafood lainnya seperti kerang, lobster dan kakap.

Baca juga:
Menikmati Sajian Nasi Liwet Bebek di tengah Hamparan Sawah
5. Roti Unyil

Roti unyil khas Pangandaran ini wajib dicoba wisatawan yang hendak masuk pantai timur Pangandaran.

Sangat mirip dengan rotil unyil yang berada di Bogor, roti unyil Pangandaran mempunyai beragam rasa. Ada 7 Varian rasa yang disajikan roti unyil Pangandaran, diantaranya Pisang Cokelat, Pisang Keju, Cokelat, Susu, Sosis Keju, Abon dan Pizza.

Lokasi roti unyil Pangandaran berada di Jalan Parapat, Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran. Atau tepat setelah tol gate masuk wisata pantai Pangandaran bagian timur. Sekitar 200 meter sebelah kanan jalan.

sumber:detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *