14 Juli 2024
Bagikan Artikel

Timnas Indonesia U-17 dipermak Malaysia U-17 di laga pamungkas Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (09/10/2022) malam WIB.

Gol-gol Malaysia U-17 dihasilkan oleh Muhammad Zainurhakimi Zain, Arami Wafiy, Muhammad Anjasmirza, dan Afiq Danish. Sementara gol Indonesia U-17 dicetak oleh Arkhan Kaka.

Hasil ini membuat Malaysia U-17 jadi pemuncak klasemen dengan raihan 10 angka. Sementara Indonesia U-17 turun ke peringkat kedua. Mereka masih bisa lolos tapi harus menunggu hasil dari tim-tim runner-up di grup lain.

Babak Pertama

Usai kickoff, Malaysia U-17 tampil menekan. Mereka agresif mengejar bola ke mana pun diumpankan oleh para pemain Indonesia U-17, bahkan sampai ke area kotak penalti.

Tapi peluang langsung didapat Arkhan Kaka saat laga belum genap berlangsung dua menit. Figo memberikan umpan terobosan pada Kaka di kotak penalti. Sayangnya bola tembakannya masih mengenai mistar gawang saja. Hal ini membuat Malaysia terkejut dan mereka tak lagi terlalu berani melakukan pressing tinggi.

Menit keenam, Malaysia akhirnya bisa mengancam gawang Indonesia. Salah satu pemainya mendapat peluang melepas tembakan dari ujung kotak penalti. Untung bola masih mengarah tepat ke pelukan kiper Merah Putih. Tak sampai semenit, Indonesia bisa balik mengancam gawang Malaysia. Kafiatur melepas tembakan dari sudut sempit dari halfspace kanan. Namun bola masih bisa diblok kiper Malaysia.

Indonesia U-19 kemudian menguasai jalannya laga. Namun Malaysia mampu mencuri gol pada menit ke-17. Mereka melancarkan serangan balik dari sayap kanan. Bola diumpankan ke tiang jauh dan di sana sudah ada Zainur Hakim yang tinggal menceploskan bola dengan mudah. 0-1.

Tertinggal, Indonesia U-19 coba menyamakan skor secepatnya. Namun Malaysia malah bisa mencetak gol lagi dari serangan balik pada menit ke-20. Bola sepakan Aramy Wafiy dari dalam kotak penalti gagal dibendung dan bola bersarang di pojok kanan bawah gawang Andrika.

Unggul dua gol membuat Malaysia U-17 makin pede. Mereka kemudian bisa mencetak gol ketiga melalui sepakan Muhammad Anjasmirza pada menit ke-23. Hal ini tak lepas dari kegagalan pemain Merah Putih dalam perebutan bola di ujung kotak penalti.

Menit ke-27, Indonesia U-17 kembali dibuat terkejut. Pemain Malaysia bisa mencetak gol lagi. Afiq Danish menyambar bola umpan silang dari sisi kiri dengan leluasa. 0-4.

Menit ke-31, Indonesia U-17 membuat pergantian pemain. Dua pemain sekaligus ditarik keluar. Crespo dan Zidan keluar, sementara Andre dan Hanif masuk. Permainan Merah Putih kemudian membaik.

Sayangnya petaka kemudian menyapa Indonesia U-17 lagi. Pada menit ke-38, Malaysia mendapat penalti setelah Andre melanggar satu pemain Malaysia di kotak penalti. Eksekusi kemudian bisa dilaksanakan dengan cukup baik oleh Wafiy. 0-5.

Indonesia U-17 berusaha mencetak satu gol jelang laga babak pertama berakhir. Sayangnya hal tersebut tak kesampaian. Skor 0-5 bagi keunggulan Malaysia bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Indonesia U-17 coba menekan sejak awal babak kedua. Namun Malaysia U-17 malah mendapat peluang lebih dahulu. Pada menit ke-47 salah satu pemain mereka mendapat kans melepas tembakan dari sebelah kiri gawang Andrika. Untung bola sepakannya melenceng dari target.

Menit ke-53 Malaysia kembali mengancam dari serangan cepat mereka. Kali ini dari sayap kanan. Bola umpan silang mereka masuk ke tengah kotak penalti. Untungnya eksekusi penyerang mereka tak berbuah gol.

Tak sampai semenit, gawang Indonesia hampir kebobolan. Sepakan keras Danish dari luar kotak penalti mengarah ke pojok kiri atas gawang Merah Putih. Untung bola cuma membentur mistar gawang saja.

Menit ke-65 peluang didapat Indonesia U-17. Dari tendangan bebas, bola liar coba dihalau Danish. Namun bola malah mengarah ke gawang. Sayangnya bola masih bisa diamankan kiper Farish.

Menit ke-72, Indonesia coba lakukan pergantian pemain dan strategi lagi. Tegar dan Irvansyah masuk menggantikan Figo dan Rizdjar. Serangan Merah Putih pun tampak lebih oke.

Menit ke-78, Malaysia justru hampir mencetak gol lagi. Sepak pojok mereka dari kiri gawang mengarah ke tiang jauh. Bola gagal dihalau Andrika dan untungnya masih membentur tiang jauh saja.

Menit 90+1, Arkhan Kaka mendapat peluang dari tembakan Kaka dari luar kotak penalti. Namun bola masih bisa ditahan oleh Farhan. Namun semenit kemudian pemain nomor 8 ini akhirnya bisa menjebol gawang Malaysia. Ia memanfaatkan bola rebound hasil tembakan dari luar kotak penalti. 1-5.

Gol ini jadi penutup laga tersebut. Indonesia U-17 1-5 Malaysia U-17.

Susunan Pemain

Indonesia U-17: Andrika Fathir Rachman; Femas Aprian Crespo, Rizdjar Nuvriat Subagja, Sulthan Zaky Pramana, Habil Abdillah Yafi; Figo Dennis Saputrananto, Achmad Zidan Rosyid, Muhammad Kafiatur Rizky; Muhammad Nabil Asyura, Arkhan Kaka Putra, M Riski Afrisal

Malaysia U-17: M Farish; Aiman, Danish, Adib Ibrahim, Danish D, Zainurhakim; Afiq Danish, Arami Wafiy, A Danish, Iskandar; Anjasmirza

Hasil Timnas Indonesia U-17

Senin, 3 Oktober 2022

  • Guam 0-14 Indonesia

Rabu, 5 Oktober 2022

  • Indonesia 3-2 Uni Emirat Arab

Jumat, 7 Oktober 2022

  • Palestina 0-2 Indonesia

Minggu, 9 Oktober 2022

  • Indonesia 1-5 Malaysia

Sumber Bola.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *