17 Juli 2024
Bagikan Artikel

 

beritabanyuwangi.com – Sebagai bentuk metode pembelajaran dengan mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di dunia industri atau Program Pendidikan Vokasi, SMK Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi, bersinergi dengan PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jawa Timur & NTT.

Program kemitraan, memperkuat komitmen serta kontribusi didunia pendidikan berkonsep belajar Teaching Factory (TEFA) ditandai dengan meresmikan bengkel resmi Astra Honda Authorize Service Station (AHASS) TEFA SMK Muhammadiyah 2 Genteng. Sebagai mitra lokal kerjasama dengan AHASS yang ditunjuk yakni AHASS Berkah Jaya Motor Genteng Banyuwangi, Jumat (21/10/2022).

“Terima kasih kepada AHM dan MPM Honda Jatim dan AHASS Berkah Jaya Motor Genteng atas kepercayaannya pada sekolah kami menjadi sekolah yang memiliki POS AHASS TEFA pertama kali di Jawa Timur. Semoga bisa bermanfaat buat peserta didik kami di jurusan TBSM Honda,” ucap Tamyis Rosidi, M.Pd, Kepala SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi.

Peresmian Pos AHASS TEFA SMK Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi dilakukan oleh General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, HR. Hadir pula GA Division Head MPM Honda Jatim Hatmarto, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Dr. Drs. Istu Handono. M.Pd, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyuwangi Dr. Mukhlis Lahuddin serta Sandang Ediyono, S.Pd pemilik AHASS Berkah Jaya Motor Genteng Banyuwangi.

Program vokasi berbasis TEFA ini dilaksanakan sebagai upaya bentuk konsistensi perusahaan untuk terus berkontribusi dalam dunia pendidikan serta pengembangan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Selain itu kehadiran Pos AHASS TEFA ini dapat dimanfaatkan para siswa untuk belajar memberikan layanan purna jual dengan suasana kerja profesional

“Tahun ini kami merilis 5 sekolah yang memiliki Pos AHASS TEFA diseluruh Indonesia. Apresiasi kepada MPM Jawa Timur, dan SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi ini merupakan yang pertama di Jawa Timur. Sehingga bisa memberikan manfaat pada masyarakat sekitar untuk mendapatkan layanan purna jual yang sama seperti AHASS,” terang Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication AHM Indonesia.

Muhibbuddin menambahkan dengan adanya Pos TEFA disekolah ini dapat dimanfaatkan oleh peserta didik sebagai media praktek serta oleh para konsumen Honda untuk mendapatkan layanan purna jual yang berkualitas. Dan Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi sebagai sekolah mitra binaan yang akan menjadi Pos AHASS TEFA.

Bengkel resmi AHASS yang ditunjuk sebagai pembinaan bertujuan untuk mendampingi implementasi TEFA dalam kegiatan operasional sekaligus menjaga standarisasi kualitasnya proses kerja, hasil kerja dan suku cadang yang digunakan di Pos AHASS TEFA. Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, program ini merupakan sebagai bagian dari program sosial yang berkelanjutan dalam berkontribusi dalam dunia pendidikan.

SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi terpilih sebagai sekolah mitra binaan pertama yang menerapkan proses belajar TEFA sekaligus menjadi tempat siswa belajar dengan orientasi bisnis layanan purna jual sepeda motor Honda di Jawa Timur. Sekaligus dilengkapi dengan tools yang standard AHASS, suku cadang yang dijamin keasliannya serta fasilitas lainnya bagi para konsumen.

Konsep Teaching Factory (TEFA) ini hadir disekolah SMK Mitra Binaan AHM yang telah memiliki status Grade A+ dan menjadi sekolah Tempat Uji Kompetensi (TUK), serta telah memiliki sarana dan prasarana workshop yang mendukung seperti Ruang Tunggu Konsumen, Jumlah Pit Minimal 2 serta fasilitas lainnya.

Pada saat yang sama PT Astra Honda Motor (AHM) bersama MPM Honda Jatim memberikan donasi satu unit sepeda motor Honda tipe CBR150R. Dan 7 set special tools yang diserahkan oleh General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin kepada Kepala SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi Tamyis Rosidi, M.Pd. dan didampingi oleh HR & GA Division Head MPM Honda Jatim Hatmarto.

Program pengembangan pendidikan vokasi telah dilakukan AHM bersama MPM Honda Jatim sejak tahun 2010 dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda. Dan hingga September 2022, MPM Honda Jatim telah bermitra dengan 98 SMK TBSM Astra Honda yang tersebar di Jawa Timur. Di antara total sekolah binaan tersebut, telah memiliki 9 TUK yang dapat dimanfaatkan oleh siswa siswi SMK Mitra Binaan MPM Honda Jatim yang ingin mengikuti UKK Astra Honda Motor. (Rizkie Andri)

Sumber beritabanyuwangi.com

Peresmian pos ahass di SMK Muhammadiyah 2 Genteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *