15 Juli 2024
Bagikan Artikel

Banyuwangi -peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Banyuwangi berlangsung meriah, di Taman Blambangan Banyuwangi. Ribuan insan kesehatan mulai dokter, perawat, bidan, apoteker, ahli gizi, dan berbagai profesi bidang kesehatan lainnya, melakukan parade edukasi kesehatan pada masyarakat.

“Melalui momentum HKN tahun ini, mari kita satukan langkah, perkuat upaya-upaya promotif dan preventif guna meningkatkan taraf kesehatan masyarakat,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat membuka acara, Minggu (13/11/2022).

Turut hadir Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah; Sekretaris Daerah Banyuwangi, Mujiono; segenap jajaran Forkopimda, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, M. Yoto.

“Saya berharap, kegiatan hari ini bisa memperkuat kolaborasi dan menambah motivasi semua insan kesehatan di Banyuwangi. Yang akhirnya berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan untuk masyarakat,” harap Ipuk.

Mengangkat tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku” parade edukasi kesehatan masyarakat diikuti 72 kontingen dari berbagai kalangan kesehatan. Seperti puskesmas, rumah sakit, klinik, organisasi profesi kesehatan, dan instansi pendidikan kesehatan di seluruh wilayah Banyuwangi.

Mereka pawai mengelilingi wilayah perkotaan Banyuwangi dengan mengenakan aneka kostum unik yang sarat edukasi. Ada fragmen kebo-keboan yang membawa pesan pentingnya makan sayur dan buah, gandrung yang menyerukan ASI eksklusif untuk bayi, hingga seruan untuk stop merokok, mencegah HIV, dan masih banyak edukasi lainnya.

Sebelum parade juga diwarnai berbagai kegiatan. Mulai senam masal, jalan sehat, cek kebugaran, hingga pemeriksaan kesehatan gratis. Bupati Ipuk bahkan sempat menjajal akupunktur yang disediakan panitia.


“Rasanya fresh, enak di badan setelahnya,” cetus Ipuk.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Amir Hidayat, menjelaskan tahun ini Banyuwangi ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan peringatan HKN ke-58 tingkat Provinsi Jatim, yang puncaknya akan digelar, Selasa (15/11/2022).

“Ini rangkaian HKN Provinsi Jatim yang akan dipusatkan di Banyuwangi. Ibu Gubernur Khofifah dijadwalkan hadir pada puncak acara,” kata Amir.

Peringatan HKN 2022 Provinsi Jatim di Banyuwangi akan dihadiri seluruh bupati/walikota, kepala dinas kesehatan, dan direktur rumah sakit daerah se-Jatim. Rangkaian kegiatannya dilaksanakan 4 hari, 13-16 November 2022.

sumber detik.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *