18 Juli 2024
Bagikan Artikel

Banjir kembali melanda wilayah Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur, pada Senin (28/11/2022) petang. Wilayah yang terdampak banjir tersebut berada di Desa Kalibaru Manis dan Desa Kebunrejo.

Banjir membawa serta material lumpur dan kayu hingga menyumbat saluran air di jembatan. Bahkan banjir juga merendam pemukiman rumah warga. “Air kembali masuk ke rumah-rumah warga,” kata Relawan Tim Reaksi Cepat BPBD Banyuwangi Moh Soleh, kepada Kompas.com, Selasa (29/11/2022). Menurut Soleh, banjir tersebut juga membuat perabotan rumah warga Kalibaru terbawa arus. “Sendok-sendok, piring dan perabotan banyak yang terbawa arus banjir kemarin,” ujarnya.

Meski begitu, kata Soleh, banjir yang terjadi kali ini tidak separah beberapa hari lalu. “Tidak begitu parah. Tapi kali ini ada beberapa dapur rumah warga yang jebol terkena longsoran dari aliran air,” ungkap Soleh. Soleh menjelaskan, ada 11 dapur rumah warga yang jebol diterjang banjir. Mereka berada di Dusun Malangsari, Desa Kebunrejo, wilayah PTPN XII Kebun Malangsari.

“Mulai kemarin sampai hari ini kita masih melakukan upaya pembersihan material,” terang Soleh. Tak ada korban jiwa dalam bencana alam itu. Namun, kerugian materiel ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Sumber kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *