18 Juli 2024
Bagikan Artikel

, BANYUWANGI – Syamsul Arifin, jurnalis TIMES Indonesia Biro Banyuwangi, Jawa Timur, sabet juara 1 lomba jurnalistik Pupuk Indonesia Media Award (PIMA) 2022. Pemuda yang akrab disapa Mas Bono ini menjadi yang terbaik dalam kategori media online.

Prestasi ini kian mengharumkan nama Banyuwangi dikancah nasional. Khususnya dalam bidang jurnalistik.

Kemenangan Mas Bono ini diumumkan dalam puncak PIMA 2022 yang dilaksanakan di Ballroom Kantor Pusat PT Pupuk Indonesia Persero, di Jalan Taman Anggrek, Kemanggisan, Jakarta Barat, Kamis (5/1/2023). Tropy dan penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia, Nugroho Christijanto.

Untuk diketahui, PIMA 2022 merupakan lomba jurnalistik yang digelar oleh PT Pupuk Indonesia Persero. Dalam rangka memperingati satu dekade pengabdian. Sekaligus ruang apresiasi PT Pupuk Indoensia Persero, kepada insan media dari sabang sampai merauke. Untuk tema, PIMA 2022 mengusung ‘Makmur Bersama Indonesia’.

Ada 4 kategori yang dilombakan. Yakni kategori media online, media cetak, media televisi, dan media fotografi.

Ketua Pelaksana PIMA 2022, Wijaya Laksana menyampaikan, perlombaan diikuti 239 karya jurnalistik dari 4 kategori. Dengan peserta terbanyak dari kategori media online. Para peserta adalah awak media yang tersebar diseantero Nusdantara.

“Karya yang dinilai adalah karya yang telah di publikasikan mulai 1 September – 30 November 2022,” katanya.

Memastikan kualitas karya yang dilombakan, PIMA 2022 menggandeng sejumlah nama besar sebagai dewan juri. Diantaranya, Maria Y Benjamin, Pimpinan Redaksi Bisnis Indonesia, Arifin Asydhad, Pimpinan Redaksi Kumparan.com, Titin Rosmasari, Pimpinan Redaksi CNN Indonesia TV, Oscar Motuloh, Mpu Fotografi dan mantan Kadiv Foto LKBN Antara, Beawiharta, Storyteller Fotografer dan mantan Redaktur Foto Reuters dan Firman Wibowo, Redaktur Foto Senior Bisnis Indonesia.

Dalam kepesertaan PIMA 2022, Syamsul Arifin alias Mas Bono, mengirimkan karya dengan judul ‘Kampung Naga Petrokimia Banyuwangi Cetak Petani Buah Naga Sejahtera’, yang terbit di media online TIMES Indonesia, pada Senin, 28 November 2022. Sesuai dengan tema lomba, disitu dia menceritakan kesejahteraan petani di Kampung Naga Petrokimia, di Dusun Tambakrejo, Desa Bulurejo, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur.

“Saya sangat bersyukur. Semoga menjadi motivasi saya untuk terus meningkatkan kapasitas diri, khususnya dalam bidang jurnalistik,” kata Mas Bono.

Pria yang dipercaya menjadi Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Banyuwangi ini mengaku tidak pernah menduga bisa menjadi juara. Terlebih PIMA 2022 diikuti oleh para jurnalis dari Sabang sampai Merauke.

“Ini adalah anugerah yang sangat istimewa bagi saya. Terima kasih PT Pupuk Indonesia Persero,” cetus pemuda pendiri komunitas Jurnalis Banyuwangi Selatan (JBS) ini.

Selain Mas Bono diperingkat pertama. Juara 2 dan 3 untuk kategori media online PIMA 2022 diraih oleh Rayful Mudassir dari Bisnisindonesia.id dan Muhammad Iqbal Shukri dari Trubus.id.

Sementara untuk kategori media fotografi, juara 1 ditempati Evan Zumarli, dari Sumatera Ekspres. Rachman dari Bisnis Indonesia diperingkat 2. Dan Amston Probel dari Tempo diposisi 3.

Untuk juara 1 PIMA 2022 kategori media televisi diraih Dian Widaningtyas dan Prayuda Anangga Dipa dari CNN Indonesia TV. Juara 2 Muhammad Olga Abdella dari Bisnis TV dan juara 3 Ajat Hutdiyanto dri CNBC Indonesia TV.

Dinda Wulandari dari Bisnis Indonesia menjadi juara 1 PIMA 2022 kategori media cetak. Disusul Siemen Martin dari Tribun Sumsel dan Rendi Fadillah dari Sumatera Ekspres, masing-masing diposisi 2 dan 3.

Sumber:TIMESINDONESIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *