17 Juli 2024
Bagikan Artikel

Ketua DPRD Tolikara Sonny Wanimbo tengah diawasi polisi setelah ikut mendampingi Lukas Enembe saat ditangkap KPK di Jayapura dan dibawa ke Jakarta. Polisi mewanti-wanti Sonny Wanimbo memberikan kesaksian tidak baik ke masyarakat.

“Terkait Pak Wanimbo, Ketua DPRD Tolikara yang mendampingi beliau (Lukas Enembe), tentunya kami juga mengapresiasi bisa mendampingi beliau sehingga itu bisa bagian daripada saksi,” ujar Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri dalam konferensi pers, Rabu (11/1/2023).

Meski begitu, kata dia, kesaksian Sonny Wanimbo diminta tidak menambah dan mengurangi cerita. Fakhiri menekankan kesaksian soal penangkapan Lukas disampaikan sebagaimana mestinya ke masyarakat.

“Bahwa pelayanan terhadap penegakan hukum Lukas Enembe kami berharap itu keluar sebagaimana mestinya. Tidak dikarang atau ditambah, sehingga masyarakat di Papua mengetahui Lukas Enembe dilayani dengan baik, tidak ada unsur lain,” tegasnya.

Fakhiri kemudian mengaku dirinya telah berkomunikasi dengan Direktur Penyidikan KPK Kombes Asep Guntur Rahayu. Dia meminta untuk turut memelototi gerak-gerik Sonny Wanimbo.

“Saya sudah menyampaikan kepada KPK melalui Pak Asep untuk juga mengontrol beliau, tidak memberikan informasi-informasi yang menyimpang, sehingga bisa mengompori situasi di Tanah Papua,” terangnya.

Selain itu, lanjut Fakhiri, pihaknya juga melakukan pengawasan terhadap Sonny Wanimbo terkait keterlibatannya dalam dugaan kasus lain yang menyeretnya.

“Tentunya ada keterkaitan terkait dugaan yang lain itu ditangani oleh Polda Papua. Kami akan melakukan pengawasan ekstra ketat terhadap beliau terkait dengan beberapa kasus yang pernah disangkakan terhadap beliau selaku Ketua DPR Tolikara. Ini didalami oleh Dirkrimum,” imbuhnya

SUMBER :detiksulsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *