14 Juli 2024
Bagikan Artikel

 Berita yang menarik perhatian pembaca hingga pagi ini di antaranya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan membuka peluang kemungkinan partainya gabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Kemudian, Anies Baswedan bersama tim kecil dari Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyambangi Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat. Berikut ringkasannya: 

1. Surya Paloh Bicara Kemungkinan Nasdem Gabung ke KIB

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan membuka peluang kemungkinan partainya gabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Dia menekankan kemungkinan apapun masih terbuka.

Sebelumnya, NasDem menyatakan masih menunggu deklarasi resmi Demokrat dan PKS, meskipun sudah menyatakan mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024. NasDem menganggap dukungan itu masih semi resmi.

Surya Paloh awalnya menjawab pertanyaan kenapa tidak berkunjung ke partai koalisi yang saat ini tengah dijajaki bersama PKS dan Partai Demokrat.

“Kenapa nggak yang lain, yang lain kami memang baru mencoba ya, baru mencoba,” kata Surya Paloh usai bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan jajaran di DPP Golkar, Jakarta, Rabu, 1 Februari 2023.

Paloh lantas menjawab kemungkinan gabung ke KIB. Paloh menyebut kemungkinan itu masih terbuka sekaligus juga kemungkinan Golkar bergabung ke NasDem.

“Apakah perlu mungkin akan bergabung dengan KIB? Ya sama-sama mungkin KIB bergabung dengan NasDem kan, jadi probability kemungkinan itu masih terbuka,” ucapnya.

Sebelumnya, NasDem menyambut Demokrat dan PKS yang telah menyatakan sikap mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024. Namun dukungan ini dianggap Partai NasDem bersifat semi resmi. NasDem menunggu deklarasi resmi.

“Saya belum tahu persis perkembangan, tapi saya dapat informasi beberapa hari lalu Demokrat menyatakan dukungan lewat rilis, hari ini juga ada dari PKS, ya itu kabar baik,” kata Waketum NasDem Ahmad Ali kepada wartawan, Senin, 30 Januari 2023.

Jika Demokrat dan PKS sudah deklarasi secara resmi, Ali menilai baru lah langkah selanjutnya akan dilakukan yakni pertemuan 3 ketum partai. Hal itu untuk membahas teknis koalisi.


2. Anies Baswedan Sambangi Partai Demokrat, AHY: 3 Partai Solid

Anies Baswedan bersama tim kecil dari Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyambangi Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 2 Februari 2023. Kedatangan Anies dan rombongan tim kecil Koalisi Perubahan disambut Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY. 

AHY mengaku bahagia atas kunjungan itu. Dia mengatakan persamuhan bersama tim kecil dan Anies berjalan baik serta menunjukkan bahwa Koalisi Perubahan solid.

“Sebagai tuan rumah, saya merasa senang dan bahagia. Rapat berjalan baik, cair, dan penuh semangat kebersamaan. Ini menunjukkan tiga partai solid,” kata AHY dalam keterangannya, Kamis, 2 Februari 2023.

Adapun Anies menyebut pertemuan hari ini merupakan wujud soliditas Koalisi Perubahan. Kepada AHY, Anies mengatakan dirinya menyampaikan update dan membahas sejumlah hal.

“Hari ini, saya menemui Pak Ketua Umum Partai Demokrat, untuk memberikan update secara langsung dan juga membahas berbagai hal,” kata Anies.

sumber:tempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *