17 Juli 2024
Bagikan Artikel

Berita Banyuwangi – Resepsi Puncak Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang bakal digelar di Sidoarjo pada Selasa (7/2/2023) juga bakal dibanjiri Nahdliyin dari Banyuwangi.

Rombongan nahdliyin tersebut dilepas langsung oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dari dua tempat, yaitu kantor PCNU Banyuwangi dan kawasan Genteng. Tidak kurang 1.734 orang Nahdliyin dilepas keberangkatannya oleh Bupati Ipuk bersama Rais Syuriah PCNU Banyuwangi KH Zainullah Marwan dan Ketua PCNU Banyuwangi KH Ali Makki Zaini. 

“Besok di Sidoarjo, diperkirakan ada satu juta warga NU dari seluruh Indonesia yang hadir. Jaga diri. Ikuti apa yang diarahkan panitia atau petugas keamanan,” pesan Ipuk.

Selain itu, Ipuk juga mengimbau kepada para jamaah untuk turut mendoakan Banyuwangi. “Nanti juga ada istighasah dan doa bersama yang dipimpin para kiai sepuh. Mohon doakan Banyuwangi agar diberikan keberkahan selalu,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Ipuk juga memberikan bekal konsumsi kepada seluruh jamaah. “Buat camilan selama di jalan,” ungkapnya.

Jumlah warga Nahdliyin Banyuwangi yang berangkat tidak kurang dari 1.743 orang. Mereka mengendarai 18 bus, 13 elf dan 45 unit kendaraan pribadi. Rombongan besar itu, terbagi dalam dua titik pemberangkatan. Selain dari Kantor PCNU Banyuwangi, juga dilepaskan dari Terminal Wiroguno Genteng bagi jamaah yang berasal dari Banyuwangi selatan.

“Jumlah ini yang terdata. Selain ini, masih banyak lagi yang berangkat secara mandiri. Seperti halnya rombongan dari Kemenag Banyuwangi yang hampir seribu orang,” ungkap Ketua PCNU Banyuwangi KH. Ali Makki Zaini.

Gus Makki juga berpesan kepada Banser dan Pagar Nusa memastikan keamanan dan keselamatan jamaah, “Berangkat bersama, pulang juga harus bersama. Jangan sampai ada jamaah yang terpisah karena disana akan sangat ramai,” ujar Gus Makki.

Puncak resepsi satu abad NU yang dipusatkan di Sidoarjo ini akan digelar selama 24 jam penuh. Mulai dari selasa dini hari sampai larut malam. Diisi dengan istighosah, doa bersama, seremoni bersama Presiden Joko Widodo, kirab budaya hingga pesta rakyat yang dihadiri artis papan atas seperti Rhoma Irama, Maher Zein, Slank dan lain-lain.

Rangkaian peringatan satu abad sendiri digelar di beberapa kota. Salah satunya di Kabupaten Banyuwangi. Di ujung timur Jawa ini digelar Festival Tradisi Islam Nusantara yang dihadiri juga oleh Presiden Joko Widodo. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *