17 Juli 2024
Bagikan Artikel

Berita Banyuwangi – Rombongan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Banyuwangi yang dipimpin oleh Wakil Bupati Sugirah melakukan studi banding pengelolaan bumi perkemahan ke Kabupaten Lumajang. Rombongan Wabup diterima langsung oleh Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati di Pendopo Bumi Perkemahan Glagah Arum, Senduro, Selasa (7/3/2023). 

Dalam pertemuan yang berlangsung dengan hangat, Sugirah menjelaskan bahwa kedatangan rombongan Kwarcab Banyuwangi ingin melihat lebih dekat dan belajar pengelolaan bumi perkemahan di Lumajang.

“Saya melihat bumi perkemahan di Lumajang ini dikelola dengan baik, sarana dan prasarananya sangat menunjang untuk fasilitas perkemahan. Itulah kenapa kami datang ke sini guna belajar pengelolaannya,” kata Sugirah.

Dijelaskannya, Kwarcab Banyuwangi telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Perhutani KPH Banyuwangi Barat atas penggunaan lahan seluas 15 hektar. Lahan tersebut akan digunakan untuk kegiatan kepramukaan.

“Bumi Perkemahan Glagah Arum milik Lumajang ini sangat menarik. Kami harap bisa mengadopsi apa-apa yang sudah dikembangkan di Lumajang,” kata Sugirah. 

Sementara itu, Wabup Lumajang yang juga menjabat sebagai Ketua Kwarcab Lumajang, mengaku kegiatan ini adalah momen yang tepat untuk saling menimba ilmu. “Terima kasih atas kehadirannya di Lumajang,” kata Indah. 

Dijelaskan Indah, saat awal dilantik pihaknya ingin agar Pramuka bisa mandiri secara ekonomi. Maka tercetuslah ide membuat bumi perkemahan di Glagah Arum ini sekaligus sebagai wana wisata. 

“Di sini ada fasilitas outbound, juga dilengkapi glamping. Glamping Buper Glagah Aruh dikenal karena pemandangannya, pagi hari pengunjung bisa menikmati keindahan Gunung Semeru. Selain itu, lokasi ini dekat dengan negeri di atas awan atau B29. Ke depan, akan ditambahkan kolam renang,” pungkas Indah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *