18 Juli 2024
Bagikan Artikel

Berita Banyuwangi – Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI (Kerangka Kualifkasi Nasional Indonesia). UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra IDUKA (Industri / Dunia Kerja) dengan memperhatikan paspor keterampilan dan / atau portofolio. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) ini Dilakukan Setelah melaksanakan Ujian Praktik mata pelajaran Adaptif Normatif, SMK Muhammadiyah 3 Tegaldlimo melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian untuk siswa kelas XII berbagai program keahlian. Uji Kompetensi Keahlian dilaksanakn mulai tanggal 06 Maret 2023 hingga 11 Maret 2022 di lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Tegaldlimo.

Adapun program-program keahlian yang melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian antara lain Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) Dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Masing-masing program keahlian mengadakan Uji Kompetensi Keahlian. UKK dilaksanakan dengan cara para siswa melakukan ujian praktik. Seperti Program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) misalnya. Para siswa diberi pertanyaan-pertanyaan seputar aplikasi atau program.

Program keahlian lain pun tidak jauh berbeda. Program keahlian TKRO melaksanakan UKK melakukan praktik Mobil mulai dari bongkar pasang mesin mobil,kelistrikan dan lain sebagainya. Program OTKP melakukan praktik membuat surat menyurat, sedangkan program TBSM melakukan praktik bongkar pasang mulai mesin sepeda motor sampai kelistrikan

Saat melaksanakan Uji Kompetensi Kejuruan, turut hadir pula Pengawas SMK Yusuf Wibisono,M.Pd, yang didampingi oleh Kepala SMK Muhammadiyah 3 Tegaldlimo Rahmi Nur Aini, M.Pd, dan guru masing-masing program keahlian serta penguji eksternal yang berasal dari Dunia usaha dan Dunia Industri.

Harapannya, Semoga kegiatan-kegiatan Uji Kompetensi Keahlian gabungan berbagai program keahlian seperti ini bisa terus diwujudkan di tahun-tahun yang akan datang. Bukan hanya beberapa Program keahlian di lingkungan SMK Muhammadiyah 3 Tegaldlimo, namun semua program keahlian di SMK SMK Muhammadiyah 3 Tegaldlimo bisa terlibat aktif dengan kegiatan yang bisa kita sebut acara tahunan itu sehingga terus bersinergi dan selalu memiliki pembaharuan dan semangat baru dalam mewujudkan pendidikan yang lebih baik.

Jurusan TBSM Melaksanakan UKK
Pengawas Bapak Yusuf Wibisono,M.Pd Mengecek Peserta UKK OTKP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *