14 Juli 2024
Bagikan Artikel

Berita Banyuwangi – Bulan Ramadan dimanfaatkan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani melakukan silaturahim dengan warga. Momen ini sekaligus digunakan Ipuk untuk mengecek sejumlah program pembangunan fisik, khususnya yang ada di pedesaan.

Salah satunya Ipuk meninjau ruas jalan poros Purwoasri – Purwoagung di Desa Purwoasri, Kecamatan Tegaldlimo pada Minggu (26/3/2023).

“Banyak jalan poros antar kecamatan yang sudah masuk anggaran tahun ini. Termasuk jalan Desa Purwoasri ini yang dalam waktu dekat akan diperbaiki,” kata Ipuk.

Jalan Purwoasri ini akan diaspal sepanjang 1.000 meter, serta dilakukan pelebaran sepanjang 6 meter. Ipuk sendiri telah meninjau kondisi jalan tersebut, didampingi dengan Kades Purwoasri, Sutrisno.

Ipuk menjelaskan bahwa anggaran pembangunan infrastruktur khusus untuk Kecamatan Tegaldlimo mencapai Rp 21,1 miliar. Dana tersebut digunakan antara lain untuk pembangunan dan perbaikan jalan dan paving, pembuatan saluran drainase, irigasi hingga pembuatan sumur bor.

“Tahun 2023 ini anggaran pembangunan infrastruktur di Tegaldlimo meingkat tajam. Bila tahun 2022 sekitar Rp 12 miliar, namun tahun ini menjadi Rp 21,1 milar. Meningkat 9 miliar,” kata Ipuk.

Ditambahkan Ipuk, ada sembilan desa di Kecamatan Tegaldlimo yang mendapatkan tambahan alokasi dana dari pemkab sebagai reward atas keberhasilan mereka melakukan pelunasan PBB. Desa tersebut adalah Desa Kendalrejo, Purwoagung, Kedunggebang, Wringinpitu, Kalipait, Kedungasri, Kedungwungu, Purwoasri, dan Tegaldlimo.  

“Mereka mendapatkan Rp 2,1 miliar atas prestasinya tersebut,” kata Ipuk.

Plt Kepala Dinas PU Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman, Danang Hartanto menjelaskan bahwa ruas jalan Purwosari akan segera dikerjakan dalam waktu dekat. Saat ini, proses administrasi untuk proyek jalan tersebut sedang dilakukan.

“Proses pengadaannya sedang kita garap. Kalau tidak aral, bulan depan bisa dimulai pengerjaannya,” kata Danang.

Usai meninjau jalan tersebut, Ipuk menggelar silaturahim dengan warga desa setempat yang dilanjut dengan solat Maghrib berjamaah. Sebelumnya, Ipuk juga mengunjungi warga lansia kurang mampu yang ada di sekitar masjid untuk memastikan mereka mendapatkan penanganan kesehatan yang baik serta menerima program bantuan sosial dari pemerintah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *