17 Juli 2024
Bagikan Artikel

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember memastikan armada keretanya siap beroperasi selama angkutan Lebaran 2023.

Vice President KAI Daop 9 Jember Mulyani mengatakan pihaknya, telah menyiapkan 10 lokomotif dan 59 kereta api selama angkutan Lebaran tahun ini. “Kita lakukan perawatan periodik terhadap lokomotif yang nanti akan digunakan dalam arus mudik untuk melayani pelanggan agar keandalannya terjaga,” kata Mulyani, Minggu (9/4/2023).

Menurut Mulyani sarana berupa lokomotif maupun gerbing PT KAI terus dilakukan perawatan secara periodik berdasarkan masa pakai, dari perawatan satu bulan, tiga bulan, enam bulan, 12 bulan hingga 24 bulan. “Untuk perawatan periodik 1-12 bulan, dilakukan di Dipo Lokomotif maupun Dipo Kereta,” ujarnya. Sedangkan perawatan 24 bulan dilakukan di Balai Yasa, untuk lokomotif di Balai Yasa Yogyakarta, sementara itu untuk kereta di Balai Yasa Surabaya Gubeng.

“Sarana yang jatuh tempo perawatan pada bulan ini kami jadwalkan agar bisa diselesaikan semua sebelum dimulainya angkutan Lebaran,” terang Mulyani. “Sehingga pada saat arus mudik maupun arus balik, sarana Daop 9 Jember siap operasi semuanya,” imbuhnya.

Sebelumnya pada 14-17 Maret 2023, tim dari Ditjen Perkeretaapian telah melakukan rampcheck atau pemeriksaan lapangan terhadap sarana yang dimiliki oleh Daop 9 Jember. Hasilnya 10 lokomotif dan 59 kereta penumpang dinyatakan telah memenuhi persyaratan dan layak operasi. “Dengan sarana yang andal penumpang akan merasa nyaman dan kereta api bisa berangkat serta tiba di tujuan dengan aman, selamat tepat waktu,” tandas Mulyani.

Sumber:KOMPAS.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *