23 Juli 2024
Bagikan Artikel

beritabanyuwangi.com – Sebagai bentuk kepedulian dan mempertahankan seni terbangan khas Banyuwangi yang saat ini mulai tergerus oleh seni modern, Pendopo Semar Nusantara (PSN) menggelar Festival Seni Terbangan Khas Banyuwangi sekaligus Gebyar UMKM di RTH Desa Tampo, Kecamatan Cluring, Rabu (17/05/2023).

Hadir membuka pelaksanaan festival ini, asisten perekonomian dan pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Drs. Dwi Yanto. Ikut mendampingi forpimka Kecamatan Cluring, Danramil 0825/07 Cluring Kapten Inf. Edi Supriyono, Kapolsek Cluring AKP. Eko Darmawan, SH serta Camat Cluring.

“Pemkab Banyuwangi memberikan apresiasi pelaksanaan festival seni terbangan khas Banyuwangi, ini sebagai upaya mempertahankan kekayaan seni tradisional yang kita miliki. Dan mewujudkan Banyuwangi Reborn untuk pulihkan ekonomi pasca pandemi dengan gebyar UMKM sebagai bagian menghidupkan geliat ekonomi masyarakat,” tegas Drs. Dwi Yanto, saat membuka acara perlombaan tersebut.

Festival dibuka dengan secara bersama-sama memainkan alat musik terbang sebagai penanda dimulainya gelaran festival dan gebyar ekonomi masyarakat untuk kali pertama tahun ini. Hal yang sama disampaikan oleh ketua panitia, Hairul Adam, bahwa kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan. Serta berharap tahun kedua dan seterusnya masuk menjadi bagian B-Fest baik tingkat kabupaten maupun desa.

Sementara itu Ketua Pendopo Semar Nusantara (PSN) Uni Saputra menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah Banyuwangi. Karena telah bersama-sama menjaga kekayaan seni terbangan Banyuwangi sebagai ciri seni khas yang dimiliki Banyuwangi, agar tidak tergerus oleh dominasi seni modern.

“Festival kita gelar selama 3 hari, dengan harapan bisa menjadi wadah bagi para pelaku seni tradisional terbangan khas Banyuwangi menampilkan kemampuannya. Disamping itu bagi penonton sambil menikmati sajian seni kita sediakan stand pameran UMKM untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Uni menambahkan, hal ini sesuai dengan visi misi Pendopo Semar Nusantara sebagai lembaga yang bergerak untuk menggiatkan seni budaya sebagai daya dukung pembangunan daerah serta membantu mengapresiasi aspirasi masyarakat. Diakhir pembukaan undangan berkeliling untuk meninjau masing-masing stand UMKM yang ada. (Riz)

Sekda Banyuwangi Drs. Dwi Yanto,forpimka Kecamatan Cluring, Danramil 0825/07 Cluring, Kapolsek Cluring, serta Camat Cluring Membuka Festival Terbangan Se Kab.Banyuwangi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *