24 Juli 2024
Bagikan Artikel

Berita Banyuwangi – Ribuan siswa di Kabupaten Banyuwangi antusias mengikuti seleksi penari Gandrung Sewu 2023. Mereka “berebut tiket” untuk ambil bagian dalam salah satu atraksi kolosal yang masuk rangkaian Banyuwangi Festival (B-Fest) itu.

Seleksi dilakukan berdasarkan zona kecamatan. Di tiap pelaksanaan seleksi diikuti sekitar 500 penari. 

Seperti di Taman Blambangan Banyuwangi, Minggu (11/6/2023). Taman Blambangan menjadi lokasi seleksi bagi siswa asal Kecamatan Banyuwangi, Kabat, Giri, Glagah, Livin, Kalipuro, dan Wongsorejo.

Saat audisi para penari dari tingkat SD hingga SMA itu tampak bersemangat. Mereka berusaha tampil sebaik mungkin di hadapan para selektor.

Jumlah siswa yang ikut dalam seleksi di Taman Blambangan berjumlah lebih dari 500 anak. Para orang tua murid turut hadir mendampingi dan memberi semangat para siswa itu.

“Antusiasme para siswa untuk mengikuti seleksi penari ini sangat tinggi,” kata Ketua Paguyuban Pelatih Tari dan Seniman Banyuwang, Suko Prayitno, Senin (12/6/2023).

Suko menjelaskan para peserta seleksi tari pada dasarnya memiliki kemampuan yang bagus. Proses seleksi dilakukan untuk memilih yang terbaik dari mereka.

Sebelumnya seleksi dilaksanakan di SMAN1 Gambiran Banyuwangi, juga diikuti oleh ratusan peserta dari kawasan Kecamatan Gambiran, Genteng, dan sekitarnya. 

Selain di Gambiran, seleksi juga telah dilaksanakan di Kecamatan Glenmore yang mencakup kawasan kecamatan sekitarnya.

Ditambahkan Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Choliqul Ridho, seleksi dilakukan secara terbuka. “Mereka yang memiliki kemampuan untuk perform tari gandrung bisa ikut seleksi,” kata Ridho.

Tahun ini dibutuhkan 1200 penari Gandrung Sewu dan 300 pemusik. Dengan demikian dibutuhkan sekitar 1500 talent untuk kebutuhan Gandrung Sewu.

Festival Gandrung Sewu 2023 rencananya akan digelar pada September mendatang. “Proses seleksi dan latihan digelar jauh-jauh hari agar pertunjukan dapat berlangsung optimal,” tambah Ridho.

Setelah seleksi, kata dia, para penari terpilih akan menjalani serangkaian proses latihan yang panjang.

Pada 2023, Festival Gandrung Sewu masuk dalam kalender wisata nasional, Kharisma Event Nusantara (KEN). Selain Festival Gandrung Sewu, event B-Fest lain yang masuk dalam KEN adalah Banyuwangi Ethno Carnival pada 8 Juli 2023 mendatang. (*) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *