23 Juli 2024
Bagikan Artikel

Berita Banyuwangi – Secara harfiah revitalisasi Muhammadiyah merupakan langkah penataan, pembinaan, peningkatan, dan pengembangan kader Muhammadiyah yang dapat melaksanakan misi, usaha, dan pencapaian tujuan Muhammadiyah. Senin 3 Juli 2023 kegiatan yang dikomando oleh Tim Pengembang Kurikulum SMK Muhmaadiyah 8 Siliragung (SMK Model’s) merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya. Dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru guna memperkuat karakter dan pemahaman Muhammadiyah untuk guru dan karyawan SMK Model’s.

Kegiatan yang dimoderatori langsung oleh Bapak Suwono, S.Pd  (Kaur Kurikulum SMK Model’s), kemudian disusul bebarapa sambutan – sambutan. Sambutan pertama oleh Bapak Muchlas Efendi, S.T (Kepala SMK Model’s) “Saya berharap bapak/ibu guru dan karyawan ketika bekerja di SMK Model’s tidka hanya mengharpak imbalan melainkan kita bersama-sama bergerak untuk ikhlas memeperjuangkan organisasi Muhammadiyah,” pungkasya. Sambutan selanjutkan disampaikan oleh Bapak Bambang Setiatuhu, S.Pd (Mejelis Dikdasmen PCM Siliragung) beliau menyampaikan “Melalui kegiatan revitalisasi Muhammadiyah ini saya harapkan dapat memberikan peningkatan setiap tahun  pemahamman bapak/ibu dalam bermuhammadiyah, terutama dalam kemampuan membaca Al-qur’an,” “Saya menyebutnya dengan istilah ngalim-ngaji lima menit,” tambahnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan guru dan karyawan SMK Model’s masuk kedalam ruangan-ruangan yang sudah disediakan oleh panitia. Dalam pelaksanaanya para guru dan karyawan dibagi menjadi tiga kelompok, secra estafet bergantian mengikuti pendampingan oleh PCM Siliragung. Pendampingan materi yang didapatkan meliputi Kemuhammadiyahan , Baca Al-quran, dan Ibadah.

Dalam materi Kemuhammadiyahan yang didampingi oleh Bapak Imam Saiful Islam, S.Pd ( Ketua PCM Siliragung) memaparkan “Kita tidak boleh lupa dengan dawuhe pendiri Muhammadiyah Kyai Ahmad Dahlan- Dadio kiai sing kemajuan lan ojo kesel anggonmu nyambut gawe kanggo Muhammadiyah” (jadilah kiai yang berkemajuan dan jangan pernah lelah bekerja untuk Muhammadiyah).” Beliau mengajak agar para guru untuk terus bermuhammadiyah tidak pernah bosan untuk mengikuti kegiatan muhammadiyah di cabang masing-masing terutama pengajian rutin untuk meningkatkan keimanan kita.

Setelah mengikuti pendampingan materi tentang kemuhamamdiyahan para guru menuju ke ruang Baca Al-quran dan Ibadah. Dalam ruang ibadah ditekankan pada materi salat. Karena baik buruk keimanan sesorang dilihat dari salatnya. Seperti yang disampaikan Bapak Dimyati (Majelis Tabligh PCM Siliragung). Kegiatan tersebut disambut baik suluruh civitas akademika SMK Model’S hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh Moh. Ahadi Hariyanto, S.T (Kakomli TBSM) “Saya sangat mendukung kegiatanrutin  ini terus diadakan di SMK Model’s, agar para guru dan karyawan dalam membimbing peserta didik tidak terlepas dari amanah Muhammadiyah seperti yang di sampaikan oleh K.H Ahmad Dahlan,” tandasnya. Maju terus SMK Model’s, SMK Bisa , SMK Hebat, SMK Model’s pasti kerja. (CICI)

Penulis : Cici Arista Devi

Sumber beritabanyuwangi.com

Peserta penataan, pembinaan, peningkatan, dan pengembangan kader Muhammadiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *