18 Juli 2024
Bagikan Artikel

Awal tahun ajaran baru merupakan hari yang sibuk bagi setiap satuan pendidikan. Mulai dari mempersiapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Forum Ta’aruf Siswa (Fortasi) serta persiapan bapak ibu guru untuk menyambut tahun ajaran baru (red:persipaan administrasi pendidikan bahkan keperluan lain untuk menunjang pembelajaran).

Begitu pula dengan SMK Muhammadiyah 8 Siliragung (SMK Model’s), menyongsong tahun pelajaran 2023/2024 SMK Model’s menggelar In Hous Treaning  (IHT). Kegiatan IHT berlangsung selama tiga hari, dimulai hari Selasa lalu hingga hari Kamis (4 – 6 Juli 2023). Kegiatan ini  diikuti oleh seluruh bapak dan ibu guru SMK Model’s baik guru adaptif normatif maupun guru produktif.

Selama tiga hari mengikuti IHT bapak dan ibu guru SMK Model’s mendapatkan materi yang berberda-beda. Hari pertama dan kedua tentang Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) mengupas cara penentuan Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Kemudian dari CP dan ATP yang akan menjadi acuan dalam pembuatan Modul Ajar. Materi tersebut disampaikan langsung oleh Suwono, S.Pd (Kaur Kurikulum).  Selanjutnya materi di hari ketiga tentang digitalisasi pendidikan, penggunaan google site dan absensi digital yang disampaikan oleh Pak Doni Rangkuti, M.Pd (Guru penggerak SMK Model’s) dan Ade Lestiou (Kakomli TKJ).

Dalam pemaparannya Pak Doni menyampaikan “Bapak ibu guru dalam abad ini adalah guru berbagi, dengan kita memanfaatkan google site semoga bisa menjadi wadah yang rapi untuk bapak ibu guru berbagi apapun, mulai dari modul, karya ataupun hal-hal lain yang layak untuk dipublikasikan sehingga dapat meningkatkan value  dari guru-guru SMK Model’s” Sementara tujuan dari absensi digital adalah untuk meningkatkan disiplin siswa mengikuti pembelajaran.

Bertajuk Peningkatan Mutu Pembelajaran dan Assessment Kurikulum Merdeka, diharapakan melalui kegiatan IHT dapat meningkatan kompetensi pendidik di SMK Model’s. Hal ini selaras dengan apa yang diungkapkan oleh Suwono, S.Pd (Kaur Kurikulum SMK Model’s) “Saya berharap dengan kegiatan IHT dapat meningkatkan kepabilitas para guru dibidangnya masing-masing dan dapat update teknologi pembelajaran.” Diakhir acara dalam sambutannya Bapak Muhlas Efendi, S.T. (Kepala SMK Model’s) mengucapakan banyak terima kasih kepada bapak ibu guru, karena walaupun libur masih tetap antusias mengikuti IHT “Semoga yang kita lakukan selalu bernilai ibadah, selalu berbuat baik untuk mempersiapkan generasi masa depan, karena kemajuan bangsa berada ditangan bapak ibu guru, SMK Model’s, SMK Bisa , SMK Hebat, SMK Model’s pasti kerja,” tambahnya. [CICI]

Penulis : Cici Arista Devi

Sumber beritabanyuwangi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *