17 Juli 2024
Bagikan Artikel

Berita Banyuwangi – Bertajuk Clean Up Kebangsaan kader lingkungan SMK MODELS (SMK Muhammadiyah 8 Siliragung) lakukan aksi nyata pada hari kemerdakaan, dengan bersih sampah selesai Upacara Penurunan Bendera Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Lapangan Tegal Agung Siliragung, 17 Agustus 2023 tepat pukul 17.00 WIB hingga selesai.

Menggandeng Emvi Trust bersama peserta upacara, kader lingkungan SMK Models bahu-membahu menyisir sampah sisa-sisa makanan (red: bungkus permen, bungkus air mineral) yang berada di Lapangan Tegal Agung. Upaya ini dilakukan untuk menyadarkan masyarakat sekitar tentang pentingya menjaga kebersihan lingkungan. Nantinya sampah yang sudah terkumpul akan dipilah oleh Kader Lingkungan SMK MODELS di Sentra Kelola Sampah Sekolah yang biasa mereka sebut dengan SENTRAS.

“Tepat di hari kemerdekaan ini kami ingin mengajak masyarakat bahwa saat ini kita tidak lagi melawan penjajah melainkan melawan kemalasan untuk sadar sampah, membuang sampah pada tempatnya, peduli lingkungan dengan sampah, hingga tercipta bangsa Merdeka Sampah.” Pungkas Zahrotul Janah guru SMK MODELS sekaligus pegiat kader lingkungan.

Sesuai dengan tema yang diusung dalam kegiatan sore ini yakni Agen Of Change Behavior For Sustainbility Pembina Orspala SMK Models Agus Nur Ismail mengungkapkan “Harapan saya nantinya Kader Lingkungan SMK Models bisa menjadi agen perubahan yang berkelanjutan dalam peduli sampah, karena perubahan besar dimulai dari perilaku kecil dan sederhana.”

Berawal dari adanya Kader Lingkungan dari SMK Models semoga akan bermunculan kader-kader lingkungan dari sekolah lain dan terus bekerjasama dalam upaya peduli sampah dan pengolahannya. Hal ini berimbang dengan apa yang diungkapkan Hartono perwakilan Emvi Trust saat ditemui usai kegiatan clean up “Aksi ini bertujuan untuk menggugah empati masyarakat untuk peduli sampah, setidaknya walaupun mereka tidak ikut serta namun bisa memberi edukasi pada masyarakat.” Dengan semangat kabangsaan dapat terciptanya BANGSA MERDEKA SAMPAH. [Cici Arista]

Penulis : Cici Arista Devi

Sumber beritabanyuwangi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *