14 Juli 2024
Bagikan Artikel

beritabanyuwangi.com – SMKN 1 Bondowoso mengadakan acara yang sangat penting dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ini, yaitu sinkronisasi kurikulum. Acara dimulai dengan pembukaan yang penuh makna pada pukul 08.00 dengan semangat tinggi. Salah satu momen penting dalam pembukaan ini adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara SMKN 1 Bondowoso dengan PT CITRA PRESTASI GEMILANG dari Malang. MOU ini menjadi tonggak awal dalam kolaborasi yang akan membawa perubahan besar dalam Pendidikan khususnya di SMKN 1 Bondowoso Senin (25/9/2023).

Selanjutnya, peserta acara diajak dalam pembahasan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Industri. Materi ini disampaikan dengan sangat kompeten oleh Ibu Sri Sudarwati, MM, dan Dra. Erna Sukmawati, M.Pd. Para peserta yang terdiri dari guru produktif Manajemen Perkantoran, Akuntansi, Layanan Perbankan, dan Bisnis Digital sangat antusias dalam mendengarkan dan berinteraksi dalam sesi ini.

Pentingnya soft skill bagi jurusan bisnis dan manajemen tidak dapat diabaikan karena soft skill membantu para siswa dalam berkomunikasi, berkolaborasi, dan mengatasi tantangan yang berkaitan dengan dunia bisnis dan manajemen. Berikut beberapa alasan mengapa soft skill penting dalam jurusan bisnis dan manajemen seperti yang disampaikan Ibu Sri Sudarwati, MM :

Kemampuan Komunikasi: Bisnis dan manajemen melibatkan banyak interaksi dengan orang lain, baik dalam tim, dengan klien, atau dalam presentasi. Kemampuan berkomunikasi dengan jelas dan efektif sangat penting untuk memastikan pesan dan ide dapat disampaikan dengan baik.

Kemampuan Berkolaborasi: Di dunia bisnis, hampir semua pekerjaan melibatkan kerja sama dengan orang lain. Soft skill seperti kemampuan untuk bekerja dalam tim, mendengarkan, memberikan masukan, dan memahami perspektif orang lain sangat penting untuk kesuksesan kolaborasi yang produktif.

Kemampuan Pemecahan Masalah: Manajer dan profesional bisnis sering dihadapkan pada masalah yang kompleks. Kemampuan analisis, kreativitas, dan pemecahan masalah membantu mereka mengidentifikasi solusi yang efektif dan mengambil keputusan yang tepat.

Kemampuan Kepemimpinan: Soft skill kepemimpinan sangat krusial dalam manajemen. Memimpin tim, memotivasi anggota tim, dan mengambil tanggung jawab atas keputusan strategis adalah hal-hal yang membutuhkan kemampuan kepemimpinan yang baik.

Manajemen Waktu: Mahasiswa dan profesional di bidang bisnis dan manajemen sering memiliki tugas dan tanggung jawab yang beragam. Kemampuan manajemen waktu membantu mereka mengatur prioritas dan tetap efisien dalam bekerja.

Negosiasi: Kemampuan untuk bernegosiasi dengan baik sangat penting dalam bisnis. Baik itu dalam negosiasi kontrak, penutupan penjualan, atau menyelesaikan konflik internal, kemampuan bernegosiasi dapat memengaruhi hasil bisnis secara signifikan.

Kemampuan Beradaptasi: Dunia bisnis terus berubah dan berkembang. Soft skill adaptabilitas membantu individu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan pasar, teknologi, dan lingkungan kerja.

Kemampuan Etika dan Integritas: Bisnis dan manajemen yang sukses membutuhkan individu yang memiliki integritas tinggi dan memahami etika bisnis. Soft skill ini membantu dalam pengambilan keputusan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Pengembangan Jaringan: Soft skill dalam membangun hubungan antarmanusia (networking) merupakan aset berharga dalam bisnis dan manajemen. Jaringan yang kuat dapat membuka peluang baru dan mendukung pertumbuhan karier.

Kemampuan Presentasi: Kemampuan untuk berbicara di depan umum atau menyampaikan presentasi dengan percaya diri adalah keterampilan yang penting dalam bisnis dan manajemen, terutama dalam konteks presentasi strategi, laporan keuangan, atau ide proyek.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa soft skill memainkan peran krusial dalam kesuksesan individu di bidang bisnis dan manajemen. Mempelajari dan mengembangkan soft skill ini dapat membantu siswa untuk menjadi pemimpin yang efektif, inovatif, dan adaptif dalam lingkungan bisnis yang dinamis.

Setelah mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang soft skill dalam kurikulum Merdeka. Peserta acara fokus pada penyusunan Fase F sesuai dengan konsep kurikulum merdeka. Ini adalah langkah penting dalam mengadaptasi kurikulum sekolah agar lebih sesuai dengan perkembangan industri. Dilanjutkan dengan diskusi mendalam untuk hasil yang terbaik dalam penyesuaian kurikulum Merdeka dengan realita kegiatan diindustri. Peserta dengan semangat berdiskusi untuk memastikan bahwa setiap aspek telah dipertimbangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah serta tuntutan industri.

Acara tersebut diakhiri dengan penuh semangat pada saat penutupan, di mana PT CITRA PRESTASI GEMILANG memberikan sertifikat elektronik sebagai tanda penyelesaian acara ini. Salah satu guru produktif menyatakan kesan positifnya, “Alhamdulillah acara hari ini semua guru merasa senang dan mendapatkan pengalaman baru yang luar biasa dan menyenangkan.” Kesuksesan acara ini menjadi momentum penting dalam perjalanan pendidikan di SMKN 1 Bondowoso menuju kurikulum Merdeka yang lebih relevan dan berkualitas.

Penulis Moch Yusuf

Sumber beritabanyuwangi.com

Para Dewan Guru SMKN 1 Bondowoso dan PT.Citra Prestasi Gemilang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *