14 Juli 2024
Bagikan Artikel

Berita Banyuwangi – Ada yang berbeda dengan kegiatan PCNA Siliragung, melihat sunset yang biasanya di pantai namun tidak dengan aktivis PCNA Siliragung. Nyunset ala PCNA Siliragung bertempat di Sungai Kali Baru, Jumat (28 September 2023). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Sungai Sedunia, para aktivis PCNA Siliragung menggelar kegiatan rijik sungai. Menggandeng Kader Lingkungan Organisasi Pencinta Alam (Orspala) SMK Muhammadiyah 8 Siliragung (SMK Model’s), mereka bahu-membahu menyisir sampah plastik yang terdapat di sungai tersebut. Kegiatan dimulai pukul 16.00 sampai selesai.

Sebelum melaksanakan kegiatan rijik sungai peserta mendapatkan pengarahan tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai, seperti yang dipaparkan oleh Zahrotul Janah Wakil Ketua PWNA Jawa Timur bidang LHPB dan PUSINTEK “Dalam Al-qur’an dijelaskan kurang lebih ada 20 ayat yang menjelaskan tentang sungai, dari sini dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya menjaga sungai dari sampah-sampah.” Beliau juga menambahkan “Semoga aksi kecil yang kita lakukan ini dapat berdampak bagi lingkungan, bukankah 1 tetap lebih besar daripada 0? 1 aksi kita akan tetap lebih besar daripada tak melakukan apa-apa. Kita jadi saksi apakah 10 tahun lagi Sungai ini lebih baik atau malah jadi lautan sampah ?,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini Pembina Orspala Agus Nur Ismail mengajak para Kader Lingkungan SMK Models dan Anggota PCNA Siliragung untuk terus peduli terhadap lingkungan. Ratih Dewi salah satu Kader Lingkungan SMK Models mengaku sangat senang mengikuti kegiatan ini, “Saya sangat senang dan bangga menjadi anggota Kader Lingkungan Orspala SMK Models, terlebih bisa memperigati Hari Sungai Sedunia,” ungkapnya. Selesai kegiatan para peserta menikmati indahnya senja di pinggir sungai sambil nyeruput kopi, gorengan, dan bonggolan bakar.
Apa Itu Hari Sungai Sedunia?

Tanggal 24 September diperingati sebagai Hari Sungai Sedunia atau World Rivers Days. Peringatan ini dirayakan secara internasional, dilaksankan setiap hari Minggu pekan keempat bulan September setiap tahunnya.

Tujuan adanya Hari Sungai Sedunia jika dilansir dari World Rivers Day adalah menyadarakan masyarakat betapa pentingnya sungai bagi hirarki kehidupan serta tata cara pengelolaanya. Berbagai upaya dapat kita lakukan untuk mendukung kampanye Hari Sungai Sedunia. Salah satunya yang sudah dilakukan oleh PCNA Siliragung dan Kader Lingkungan Orspala SMK Models yakni membersihkan lingkungan sungai dari sampah. Agar tercipta lingkungan sungai merdeka dari sampah.

Penulis : Cici Arista

Sumber beritabanyuwangi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *