18 Juli 2024
Bagikan Artikel

Berita Banyuwangi Terbaru – Rombongan Kirab Pataka “Jer Basuki Mawa Beya” tiba di Kabupaten Banyuwangi, Jumat (6/10/2023). Kirab Pataka merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur. 

Pataka Jer Basuki Mawa Beya dikirab selama 18 hari mengelilingi 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Kirab bendera lambang Provinsi Jawa Timur tersebut disambut langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi, Mujiono, di halaman Kantor Pemkab Banyuwangi.

Sebelumnya Pataka Jer Basuki Mawa Beya dibawa dari Jember menuju Banyuwangi. Saat tiba di depan Kantor Pemkab Banyuwangi, kirab disambut meriah penampilan tari Gandrung, yang merupakan tarian selamat datang untuk para tamu daerah.

Upacara serah terima Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya diawali penyerahan pataka dari Kepala Satpol PP Kabupaten Jember, kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Mujiono, yang kemudian diserahkan kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Banyuwangi, Wawan Yadmadi, untuk selanjutnya dibawa ke Kabupaten Situbondo.

Upacara penerimaan tersebut melibatkan personil Satpol PP, Linmas, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, serta pelajar.  

Di akhir upacara kirab Pataka ditandai dengan pembacaan Ripta Prasasti oleh Sekda Mujiono yang berisi amanat singkat Gubernur Jawa Timur. 

Ripta Prasasti itu berisi imbauan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kepada seluruh kepala daerah untuk senantiasa menjaga konsistensi dalam sinergitas dan kolaborasi dalam membangun kemajuan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jatim. 

Sekda Mujiono mengaku bersyukur atas tibanya Pataka di Banyuwangi dengan lancar. 

“Alhamdulillah sudah tiba di Banyuwangi, dan selanjutnya akan kami serahkan ke Kabupaten Situbondo. Selamat Hari Jadi Provinsi Jatim. Mudah-mudahan ini menjadi momentum penyemangat untuk kita semua sama-sama membangun Jatim,” ujar Ipuk.

Lebih lanjut Mujiono mengatakan, sinergi yang baik antara Pemprov Jatim dengan Kabupaten dan Kota perlu dilakukan. Sehingga target pembangunan di Provinsi Jatim dapat berjalan dengan optimal. 

“Sinergitas dan kolaborasi kerja sama adalah kunci kesuksesan pemerintah. Dengan sinergi dan kolaborasi kita optimis Jatim akan terus Bangkit, melaju ke depan,” tambahnya. 

Kirap Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya diagendakan tiba kembali di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada 11 Oktober, untuk selanjutnya mengikuti upacara Hari Jadi ke-78 Provinsi Jatim, 12 Oktober 2023. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *