18 Juli 2024
Bagikan Artikel

Berita Banyuwangi – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berkunjung ke kabupaten Banyuwangi, Sabtu – Minggu (7-8/10/2023). Kapolri mengungkapkan, Banyuwangi adalah daerah yang sangat indah. 

“Begitu masuk ke Banyuwangi saya sangat terkejut, meski di paling ujung timur pulau Jawa, ternyata daerahnya sangat indah. Terlebih melihat tamannya dan pendopo yang berusia ratusan tahun ini, yang dijaga kelestarian dan keindahannya. Luar biasa,” ujar Kapolri di Pendopo Kabupaten Sabha Swagata, Sabtu (7/10/2023).

Kapolri yang juga ketua umum PB Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) hadir di Banyuwangi antara lain untuk melepas Tour of Kemala, ajang balap sepeda yang diikuti lebih dari 1.400 peserta dari berbagai daerah. 

Tampak hadir pula Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, Ketua Umum Bhayangkari Juliati Listyo Sigit Prabowo, Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto, serta Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, beserta segenap jajaran Mabes Polri.

Sebagai Ketua Umum ISSI, Kapolri mengatakan, Banyuwangi sangat potensial untuk dikembangkan sebagai lokasi penyelenggaraan berbagai kegiatan ISSI. Terlebih Banyuwangi juga sebelumnya telah konsisten menggelar berbagai event sepeda mulai kompetisi Internasional Tour de Banyuwangi Ijen, Kompetisi Internasional BMX, hingga kompetisi sepeda donwhill di area Gunung Ijen.

“Saya dapat informasi kalau lintasan di Banyuwangi cukup panjang, jalannya saja 600 KM. Destinasi wisata alamnya  juga banyak dan cocok untuk kegiatan sport. Sangat menarik untuk digunakan kegatan-kegiatan ISSI,” ujar Kapolri.

“Bahkan ada dua atlet sepeda BMX nasional yang berlatih di Banyuwangi, baru saja menang dapat medali emas dan perunggu di Asian Games,” imbuhnya.  

Bupati Ipuk Fiestiandani menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kapolri sekaligus Ibu Bhayangkari yang telah memberikan kepercayaan kepada Banyuwangi sebagai lokasi penyelenggaraan event sepeda tingkat nasional. Terlebih event ini telah memberikan dampak ekonomi yang luar basa bagi daerah. Selain pesepeda yang berjumlah 1.400 orang, total beserta kru dan pendamping ada 4.000 orang yang datang ke Banyuwangi untuk menyemarakkan Tour of Kemala.

“Hotel-hotel kami penuh dan UMKM juga menjadi semakin laris sejak beberapa hari terakhir ini. Even Tour of Kemala menjadi berkah ekonomi yang luar biasa bagi Banyuwangi.” ujar Ipuk.

Bupati Ipuk pun menyampaikan bahwa dengan adanya event sepeda Tour of Kemala semakin memperkuat positioning Banyuwangi sebagai destinasi sport tourism khususnya olahraga sepeda. Karena sebagaimana yang disampaikan Kapolri, Banyuwangi memang memiliki bentang alam yang sangat cocok sebagai lokasi beragam even olahraga. Salah satunya banyak kawasan hutan yang asri dan hijau.

“Banyuwangi ini cukup unik, kami dikelilingi tiga taman nasional. Khusus untuk Taman Nasional Alas Purwo tracknya cukup panjang sangat cocok untuk event sepeda, belum lagi kekayaan flora dan faunanya serta budayanya yang khas sangat menarik untuk dikunjungi.  Semoga lain kesempatan Bapak Kapolri dan Ibu bisa berkunjung kesana,” kata Bupati Ipuk.

Sebagai informasi Tour of Kemala 2023 diselenggarakan atas kolaborasi Kemala Bhayangkari dan PB Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI), dengan start-finish di Pantai Boom Banyuwangi, 7-8 Oktober 2023. 

Tour of Kemala 2023 dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori race dengan jarak 128 kilometer dan kategori fun bike dengan jarak 55 kilometer. Para peserta akan melewati beberapa lokasi wisata dan tempat-tempat ikonik di Banyuwangi seperti, Taman Sritanjung, Simpang Lima, Desa Adat Wisata Osing Kemiren, hingga Bandara Banyuwangi yang merupakan bangunan berarsitektur terbaik dunia dalam ajang Aga Khan Award 2022. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *