17 Juli 2024
Bagikan Artikel

Berita Banyuwangi Terbaru – Para sineas muda Banyuwangi terus mengembangkan kreativitasnya. Melalui ajang Banyuwangi Film Festival (BFF) yang dihelat selama dua hari (6-7/10/2023), puluhan karya film pendek diputar dan diapresiasi.

Bertempat di Gedung Djuang 45, sejumlah senias muda unjuk karya. Di antaranya adalah film pendek berjudul Garising Pesthi. Film yang disutradari oleh Nadira Andalibtha ini berhasil meraih juara pertama dalam ajang tersebut.

“Film ini digarap pada Oktober-November tahun kemarin. Mengisahkan tentang penerimaan terhadap takdir Tuhan. Sebagaimana judulnya yang bermakna garis ketetapan,” ungkap gadis asal Genteng yang menempuh pendidikan di ISI Yogyakarta tersebut.

Kreativitas insan perfilman di Banyuwangi sendiri diakui cukup potensial. Karya-karyanya pun banyak diakui. Bahkan, tidak sedikit anak-anak muda Banyuwangi yang kemudian berkiprah di industri film nasional. “Industri film di Banyuwangi layak untuk dikembangkan lebih jauh,” terang Ketua Komisi Film Daerah (KFD) Banyuwangi Bambang.

Selain sumber daya manusianya, imbuh Bambang, Banyuwangi juga memiliki potensi alam dan budaya yang luar biasa. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia perfilman. 

“Akhir-akhir ini banyak film yang syuting di Banyuwangi atau menggunakan budaya Banyuwangi sebagai latar cerita. Ini menarik sebagai ajang promosi wisata,” paparnya.

Potensi yang besar dari dunia perfilman ini, terus menjadi perhatian dari Pemkab Banyuwangi. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menegaskan bahwa film menjadi bagian penting dari pengembangan ekonomi kreatif Banyuwangi.

“Dari sebuah film ini, melibatkan banyak sektor kreatif lainnya. Seperti halnya sutradara, videografer, artisnya, penulisnya, penata musik hingga make up artisnya. Ini adalah ekonomi kreatif yang harus dikembangkan,” ujar Ipuk.

Ipuk juga berharap kepada para sineas muda Banyuwangi untuk bisa menghadirkan film-film edukasi yang bermutu. Mengangkat tentang kekayaan budaya dan keindahan Banyuwangi. “Apa yang menjadi potensi Banyuwangi ini bisa dipromosikan lewat film,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *