23 Juli 2024
Bagikan Artikel

Berita Banyuwangi – Program Bunga Desa atau Bupati Ngantor di Desa yang dicanangkan oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani terus dihelat. Pada pekan ini, Kamis (16/11/2023)  bunga desa bertempat di Desa Kedungwungu, Kecamatan Tegaldlimo.

Di desa yang tak jauh dari Taman Nasional Alaspurwo itu, Ipuk meninjau sejumlah potensi yang ada. Mulai dari sektor pertanian hingga peternakan. Salah satunya adalah peternakak bebek yang dikelola oleh Nur Kholis. Warga Dusun Sumberkepuh ini melibatkan banyak warga untuk terlibat dalam berternak.

“Salut dengan warga di sini. Mereka beternak bebek dan ada unsur pemberdayaannya. Banyak melibatkan warga setempat untuk pengelolaannya,” ungkap Ipuk.

Ipuk juga meninjau kelompok tani di Sumberkepuh yang mengembangkan inovasi “Lautan Merah” yang merupakan akronim “Lampu Meningkatkan Produksi Bawang Merah”. “Dari inovasi ini bisa meningkatkan produksi bawang merah sampai 3 ton perhektar,” terang Ipuk.

Tak lupa pula, Ipuk juga memastikan sejumlah program yang dilaksanakan di desa berjalan dengan baik. Seperti halnya infrastruktur jalan, bedah rumah hingga pendidikan kejar paket di PKBM Srikandi. “Kami ingin memastikan berbagai program yang kami jalankan benar-benar bisa dirasakan sampai ke tingkat desa,” tegasnya.

Sebagaimana agenda Bunga Desa sebelum-sebelumnya, berbagai layanan publik di level kabupaten di dekat ke masyarakat. Mulai dari pelayanan administrasi kependudukan, perizinan usaha, perpajakan, sampai administrasi pendidikan. Layanan cek kesehatan bagi warga dan klinik hewan peliharaan juga ikut mengisi rangkaian Bunga Desa.

Peningkatan kapasitas pendidik juga dilakukan di acara yang berlangsung setiap bulan itu. Di antaranya tentang komitmen Pemkab Banyuwangi dalam menekan terjadinya tiga dosa pendidikan. Mulai dari bulliying, intoleransi hingga kekerasan.

Tak lupa pula program-program peningkatan ekonomi juga digeber. Seperti halnya penyaluran bantuan Warung Naik Kelas dan menyambangi sejumlah usaha mikro yang dilakukan masyarakat. Sekaligus juga menyapa para tokoh masyarakat dalam salat Asar berjamaah.

“Kami atas nama warga Kedungwungu sangat senang dengan program Bunga Desa ini. Ada banyak kegiatan yang memberikan dampak positif bagi warga kami, termasuk juga bagi warga sekitar di Kecamatan Tegaldlimo ini,” ungkap Kepala Desa Kedungwungu, Surono. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *