23 Juli 2024
Bagikan Artikel

Berita Banyuwangi Terbaru – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menghadiri peringatan haul ke-45 KH. Abdul Manan diselenggarakan di Pesantren Minhajut Thullab, Muncar, Rabu (24/4/2024). Di tengah para jamaah tersebut, Ipuk mengajak meneladani sosok Kiai Manan.

“Kiai Abdul Manan ini merupakan sosok yang patut kita teladani. Kiprah perjuangan beliau, utamanya dalam meningkatkan kualitas pendidikan,” ungkap Ipuk.

Sebagaimana diketahui, Kiai Manan merupakan pendiri PP. Minhajut Thullab yang kini berkembang pesat. Tidak hanya berada di Muncar saja. Namun, berkat keturunan dan santri-santrinya telah berdiri berbagai pesantren lain di seantero Indonesia. Lengkap dengan pendidikan formalnya juga.

“Penting kiranya kita meneruskan perjuangan ini. Bagaimana kita memperkuat pendidikan di tengah masyarakat. Baik pendidikan agama Islam maupun pendidikan umum lainnya,” tegas Ipuk.

Ipuk menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memiliki komitmen tinggi untuk mewujudkan pendidikan berkualitas bagi warganya. “Kami menyiapkan berbagai instrumen untuk memperkuat pendidikan ini. Mulai dari tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi,” ungkap Ipuk.

Sedangkan dalam pendidikan agama Islam, lanjut Ipuk, juga tidak luput dari perhatian pemerintah daerah. “Setiap tahunnya kami menyalurkan insentif bagi guru ngaji. Untuk tahun ini kami siapkan Rp9,8 M untuk lebih dari 14 ribu guru ngaji. Tak seberapa, tapi ini bentuk komitmen kami hadir,” jelasnya.

Dalam haul ke-45 itu tampak sejumlah kiai yang hadir. Di antaranya adalah KH. Fakhruddin Manan, KH. Toha Muntoha Manan,  dan sejumlah kiai lainnya. Hadir pula KH. Reza Ahmad Zahid dari Pesantren Lirboyo, Kediri.

Kiai Fakhruddin Manan selaku tuan rumah dan Pengasuh PP. Minhajut Thullab mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Ipuk dalam acara yang juga dirangkai dengan halal bi halal itu. “Semoga kita semua mendapat keberkahan dari Kiai Manan. Bisa meneladani dan melanjutkan perjuangannya,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *