23 Juli 2024
Bagikan Artikel

Berita Banyuwangi Terbaru – Pertemuan antar cabang (ANCAB) Nasyiatul Aisiyah se-Kabupaten Banyuwangi dihelat di Siliragung. Ahad 19 Mei 2024 lalu, PCNA Siliragung didapuk menjadi tuan rumah dalam acara ini. ANCAB kali ini sekaligus diadakan Workshop Optimalisasi PASHMINA sebagai serangkain kegiatan menyambut Milad Nasyiatul Aisiyah yang ke 93/96.
Workshop Optimalisasi PASHMINA dibagi menjadi dua tempat dalam pelaksanaanya. Tempat pertama di Ballroom SMK Muhammadiyah 8 Siliragung yang diikuti 72 peserta. Disana meraka mendapat materi tentang peran PASHMINA dan rule kerjanya. Narasumber dalam materi tersebut yakni Wahida Nur Diana Sari, S. Keb, beliau memaparkan bahwa Nasyiatul Aisiyah harus mampu merangkul para remaja agar peduli dengan masalah-masalah kesehatan khususnya para remaja putri. “Karena semua permasalan mulai dari stunting, anemia, gizi buruk atau masalah tetek bengek lainnya bisa ditanggulangi sejak dari remaja, nah untuk itu peran PASHMINA dibutuhkan disini,” imbuh Ketua Departemen Kesehatan dan Lingkungan PDNA Banyuwangi ini.
Selain itu mereka juga mendapatkan materi kedua tentang penanggulangan sampah dan cara mengatasinya. Materi kedua dipaparkan langsung oleh Zahrotul Jannah, S.Kom, M.M selaku Wakil Ketua PWNA Bidang Lingkungan Hidup & Penanggulangan Bencana, Pustaka, Informasi dan Teknologi. Beliau menyampaikan “Sebenarnya yang perlu diselamatkan ini bumi atau manusianya? Karena permasalahan sampah ini dapat menjadi bom waktu bagi kita manusia, bumi kita ya kita yang menyelamatkan, hanya bumi tempat tinggal kita, tidak akan mungkin kan kita berpindah ke planet lain ,planet mars misalnya,” pungkasnya. Zahro begitu sapaan akrabnya tak bosan-bosan mengajak Nasyiatul Aisiyah dalam setiap kegiatan harus membawa tumbler dan kotak bekal, sebagai upaya sederhana Nasyiatul Aisiyah untuk meminimalisir sampah, terutama sampah sisa makanan. Pada tempat berbeda di ruang Meeting Room Edhotel SMK Models juga terdapat layanan PASHMINA dan edukasi psikologi remaja yang diikuti oleh relawan kesehatan dan kader lingkungan SMK Models.
Selain itu dalam acara Ancab ini juga disampakain penyerahan hadiah kepada PCNA yang meraih juara lomba dakwah dalam momen bulan ramadhan beberapa pekan lalu. Fella Layin, Ketua PCNA Siliragung dalam sambutanya mohon maaf jika dalam suguh gupuh sebagai tuan rumah kurang berkenan dihati teman-teman PCNA se Kabupaten Banyuwangi, serta memberikan apresiasi kepada teman-teman PCNA Siliragung atas kekompakannya mempersiapkan acara ANCAB. (Cici Arista)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *